Selasa, 02 September 2014

Underwear everywhere

HolidBye !! Yahh. ..saatnya mengucapkan kata itu.

       Liburan semester ini cukup seru, disamping banyak jalan-jalannya, tetep masih banyak di rumahnya dan yang paling penting harus banyak pengalamannya. Cause, diakhir liburan, beberapa hari ini adikku paling bungsu, siNabila lagi sakit, jadi, Ibu kebanyakan yang ada di rumah buat jagain Nabila. Artinya, aku dan Mas Diqi harus menghabiskan sisa-sisa liburan di… .Pasar !!! ngegantiin ibu yang biasa jualan. 

                                                                             #Welcome

*For Your Information, Ibuku adalah wanita karier yang cantik dengan kesibukan sehari-hari dagang baju di pasar klewer, kios nomer 97-98, nama kiosnya Harmonis. Mampir yes !! #Dapet diskon 10% kalo mau push up di depan kios. 

    Sebenernya, sangat-sangatlah berat hati menjalankan misi ini, disamping males nggak ketulungan, berada di pasar bukanlah passionku, kita harus pinter ngomong, ngadepin para pembeli yang sifatnya beda-beda, ditambah lagi, kita bagaikan karyawan yang lagi magang. But, beberapa hari kita jalanin, mulai agak terbiasa juga, kita bisa dapet….makanan gratis, uang jajan kita jadi nambah. #Kampretabiss 

      Okeeey.. .Langsung aja, inilah kisahku bersama dengan kakakku, waktu menyandang sebagai karyawan magang yang berpangkat bos. Mari disimak !!

Dan Semua itu, berawal dari ini…
“Ud.. .nanti kamu ke pasar ya bareng mas Diqi, gantiin ibu, biar ibu yang nemenin Nabila di rumah.” Kata Bapak sembari membenah dasi
“Ha?? kepasar. Yahhh…” Tanyaku males-malesan
“Lha kenapa?”
“Iya ibu nggak maksa.” Sahut ibu disamping

*Besoknya
“Ud, yang jadi kendala nggak mau kepasar itu apa?” Tanya ibu
“Emmm. ..iya males.”
“Kan nanti kamu sama mas Diqi cuman bagian kasir, kasihan lho kalo cuman 2 orang, kualahan.”
“Misal iya, nanti berangkatnya agak siangan juga gapapa.” tambah ibu  
Lhohh, katanya nggak maksa. Batinku dalam hati

       Setelah dipikir matang-matang, karena nggak bisa nolak, dan patuh terhadap orangtua udah jadi prinsip, seberusaha mungkin aku ngilangin semua egoku. Yahhh. .. aku siap untuk bertualang dalam keramaian pasar, meskipun debu harus terkena mukaku, asap motor juga kena mukaku, dan cipratan air dari ban becak juga kena mukaku. #akuoratego
“Okee mam, kita kepasar.”
“Nahh. ..” Ucap ibu bahagia
                                                                                    ***
      Di kios, ada 2 karyawan yang salah satu dari karyawan itu om aku sendiri, dan yang satunya lagi udah kita anggap sebagai kerabat sendiri, jadi udah cukup akrab. 

        Masih terasa aneh sama lingkungan pasar, aku sama mas Diqi lebih banyak ngehabisin waktu didalam kios daripada diluar. Hal yang kita lakuin pun macem-macem, kadang kita curhat, baca koran, main hp, ngalamun dan kadang mainan kipas angin. Kerenkan ?? Enggak sama sekali.  

                                                            Mas Diqi* Lagi sibuk, sibuk baca koran

                                    Menghilangkan rasa bosan* Mainan kipas angin diiket sama rafia

        Beberapa hari ada di pasar, ngamatin sesuatu hal yang ada di sekitar kita, bisa aku simpulin kalo kehidupan di pasar itu ternyata cukup keras. Kita kudu pinter-pinter ngomong sama pembeli, debat soal harga, ngadepin orang-orang keras kepala, dan setiap kali orang lewat bawaannya karung segede kulkas. Serius, nggak percaya?? Nihh.

                                                        Nggak ngerti itu ngangkatnya gimana

                                                             Sepertinya dia mulai sixpack

      Nggak cuman itu, banyak sales yang kadang resek juga, padahal barang masih ada tapi masih nekat juga dikirim, tau-tau ngasih di depan kios. Sampai pernah waktu itu ada barang yang dianter di rumah, aku telfon ibu katanya enggak pesen, yaudah aku suruh balikin kebosnya. Jelas salesnya kena marah, cerita sama ibu, dan semenjak itu salesnya kalo mau ngirim barang mulai mikir-mikir. 

      Pembeli pun juga sama, mungkin setiap pembeli mempunyai pemikiran setiap barang yang kita jual untungnya berkali-kali lipat, padahal enggak, tergantung barang yang kita jual. Di pasar ini, harga kita bikin pas, dapet potongan harga jika mau beli lebih dari 3 buah/grosir.
     Mentang-mentang udah biasa beli, ada beberapa pembeli yang masih nekat minta potongan harga, hingga akupun bingung mau ngasih atau enggak, karena kita juga nggak tegaan.
“Jadinya berapa mas?” Ibunya nanya
“68.000 bu.” Jawabku
“Dipotong 2000 ya mas. Biasanya kalo sama ibunya juga gitu.” Ucap Ibunya maksa
Aku nanya Mas Warno, dikasih atau enggak.
Mas warno bilang “Enggak boleh.”
Yaudah, aku jawab “Enggak bisa bu, udah harga pas.”
Ibunya langsung ngasih 61.000 ke Mas Diqi.
“Lho kok 61.000?” bisik mas Diqi setengah bingung
Kita tatap sinis kewajah ibunya, sekejap ibunya pun langsung grogi dan bilang.
“Udahhh itu.”
“Lha ini baru 61.000 bu.” Jawab Mas Diqi
“Owalahh. ..ini lho tambah 5.000. Udah.. . nanti juga masih buat naik becak.”
Emang agak kampret.  

                                                                      Waktu ada pembeli

    Yang jadi masalah di sini, kita nggak ngerti mana pembeli biasa dan mana yang udah jadi langganan. Udah langganan pun nggak punya kewenangan minta potongan harga juga, mungkin kalo ngeborong lagi dapet. FYI, kita ambil untung nggak seberapa kok, serius. #Lagi seneng pakai kata FYI, baru tau sih.

      Udah minta potongan harga, ada juga yang masih minta nitip barang dagangan, nggak cuman satu dua orang, barang yang dititipin pun gede-gede, diposisi ini aku ngerasa dirugiin. Selain kita jadi tambah tanggung jawab, kios jadi tambah sempit gara-gara keberadaan barang tersebut. Jaman sekarang, seakan-akan pembeli adalah raja dengan sistem otoriternya, dan kami para pedagang adalah rakyat yang sedang mencari sepucuk nasi untuk keluarga.

                                                                Titipan barang sang raja
     Disamping banyak pembeli-pembeli yang agak kampret, ada juga pembeli yang menyentuh hati. Jadi waktu itu mas warno sama omku lagi sibuk-sibuknya ngurus pembeli yang lain, saatnya aku tebar pesona ke pembeli yang lagi liat-liat barang. Aku nggak bakal tebar pesona kayak laki-laki yang mau ngegebet temen sebangkunya, tapi aku sapa sewajarnya aja. 

“Mari bu… ” Iya, pemebelinya itu ibu-ibu. Siapa tau dapet anaknya, kan lumayan.
“Baju yang kayak gini tapi gambarnya marsha ada nggak mas?” Ibunya nanya
“Lho, bukannya itu marsha ya bu ?” Aku nanya setengah bingung
Hening. ..
“Marshanda maksud ibu?” Pikirku 

      Dalam hati aku langsung pengen ngajak ibu-ibu itu ngobrolin tentang kisahnya marshanda yang semakin rumit, tapi sebelum itu terjadi beliau bilang.
“Astaghfirullah, iya iya, soalnya tadi saya lihat masnya.” Kata Ibu itu khilaf
Aku harap, ibu-ibu itu berubah jadi Maudy ayunda pada saat itu juga.
Nggak tau kenapa, Aku mulai ngerasain senengnya misal bisa nyelesain satu pelanggan. Bisa ngelayanin dan pelanggannya pun juga ikutan seneng. 

Satu hal yang aku pelajari dari itu : Ketika kita bisa melakukan sesuatu hal untuk orang lain, kita akan merasa menjadi orang yang berguna.#dalem

*** 
      Dzuhur pun berkumandang, waktunya aku sama Mas Diqi keluar dari persembunyian, kita sholat Dzuhur, dan saatnya kita cari kuliner siang. Banyak warung makan yang berjejeran, semakin membuat kita bingung mau makan apa. Setelah berunding sekian lama, kita putuskan makan bakso yang pesonanya bagaikan air diantara gurun pasir, yang sebenarnya itu hanya sebuah fatamorgana. #Mahalbingittt. Yahh tapi seenggaknya enak.
                                                         Waktu sholat jum'at di masjid Agung

                                                                      Bakso ambigu

                                                                          Hari kedua

       Beberapa hari kita ngegantiin ibu di pasar klewer, kita jadi sering makan enak-enak, yang biasanya di rumah makannya sama apa yang udah disiapin, sekarang kita jadi bisa milih mau makan apa. Emang, semua itu bakalan ada hikmahnya jika kita lakuin dengan sepenuh hati. Tsahhh

      Diperburuan kuliner ini, kita juga nemuin hal-hal yang mungkin udah jadi hal biasa di lingkungan tempat pariwisata, disamping harganya relative jadi lumayan mahal, kita mesti harus ditarik pajak lagi. Baca ~> pengamen. Yang ngeselin disini, pengamen kesannya jadi kayak malak, nungguin sampai bener-bener dikasih. Kalo orangnya tegaan, dicuekin sampai-sampai pengamennya itu lelah dan memutuskan untuk cari mangsa baru. FYI, pengamen hanya meminta para pengunjung, bagi yang pengen jalan-jalan, sempetin bawa receh.

       Lagu yang dibawain pengamen juga kadang malah bikin ilfeel, bayangin mennn, satu deret pasar yang dinyanyiin cuman 1..2…3… cekidot.

“Mana mungkin….selimut tetangga… hangat ditubuhku… dalam kedinginan, malam-malam panjang. ..setiap tidurku… . selalu kesepiann…” #Waktu nulis sambil nyetel lagunya beneran.

    Padahal baru-baru ini aku download lagu itu, tau-taunya setiap hari dinyanyiin. #ilfeelabisss. Tapi hiburan tersendiri bisa liat kayak begituan.

                                                              Suasana Pasar*Angle dari atas
(Konflik)

       Panjang lebar aku nyeritain gimana kerasnya kehidupan dipasar, konflik ceritanya baru mulai dari sekarang. Banyak macam produk yang dijual dipasar, setiap kios menjual produk dengan spesialisnya sendiri-sendiri. Ada kios yang jual batik, ada yang jual sepatu, jaket, baby bol, ada juga yang spesialis underwear.

      Dari survey asal-asalan yang aku amati, paling banyak diminati pembeli disini adalah underwear. Malahan, kios-kios ternama dengan modal gede yang udah dapet nama, kebanyakan mereka sukses yang dijual itu ya underwear. Conon, kata momsky, kios-kios itu penghasilan perharinya nggak main-main. 

Yahh. ..seenggaknya barokah udah lebih dari cukup.tsahhh 

      Tapi, karena ibuku menagemennya keren abisss, jadi beliau melengkapi produk-produk tersebut. Walaupun nggak semua produk beliau jual, beliau hanya menjual, Daster, Baby doll, baju bayi, baju anak, handuk, dan Underwear !! #NggakNahan

                                                                            emmmm.....

                                                                                  Sabar...

                                                                                Order yukk !!

                                                                          Sumber : 5cm.

      Seharusnya kalian ngerti perasaanku kayak gimana, apa yang setiap malem aku bayangin ??? Bastian coboy junior??? NGGAK MUNGKIN !!! 

                                                                    (Sumber :Klick)
Diakan udah keluar.

         Balik lagi kenasibku, setiap harinya, di kios aku dikelilingi oleh berbagai macam produk underwear, dari situ juga kita mulai ngerti modelnya kayak gimana aja, dan yang paling parah, kita jadi ngerti produk dengan peminat paling banyak itu modelnya kayak apa. Tapi sayang, kebanyakan yang beli itu adalah ibu-ibu, yang kemudian akan dijual kembali kepada siapa aku juga penasaran. Cari tau yukk !!

                                                       Bakalan mimpi apa coba kalo kayak gini??

      Pernah denger juga, pepatah atau bukan nggak ngerti, ada orang yang bilang kalo menilai orang udah dewasanya atau belum bisa kita lihat dengan cara memebeli underwear dengan uangnya sendiri atau enggak. #Intropeksi diri

Okeey. ..kayaknya cukup segini dulu gaesss, maaf banget misal lama nggak update blog, udah ada beberapa draf juga yang lagi dalam penulisan, semoga aja nggak cuman jadi draft. Terus cari pengalaman kalian !!


                                 Quotes macam apa ini !! #sumber : The Secret Life of Walter Mitty

Buat kalian yang penasaran sama barang-barang yang dijual, aku cantumin gambarnya nih. #Promosi #Iklan #Bodoamat #ButuhTambahanUangJajan #Harga belum masuk ongkir, because, aku bukan tukang parkir.

Buat kamu masa depan bangsa, masa kecilmu akan indah jika kalian makai ini

                                                                            Lucu ya, kayak kamu.
Yang couple juga ada

                                                    Yang punya anak kembar, biar bisa bedain

                                                                    Misal udah punya anak...

                                                                Buat baju tidur juga bisa

Buat kamu para kaum wanita  

                                                    Pas buat santai di rumah, waktu nonton GGS

                                           Pesonamu semakin bertambah jikalau mengenakan ini                     

                                                     Mimpimu akan indah jika memakai ini  

                                                                        Model korea nihh

                                                                         Banyak pilihan 

                                                       COD sist !! Plissss... plissss bingittt
Minat DM : @Raafi_nosa

See you again !! :)


  

13 komentar:

  1. astaga raafi... wkkkk,,, pas buka dasbor langsung punyamu nongol di bagian atas, dan,, mm,, judulnya itu.. agak sedikit,, mmm,,, ahahaha... pas di buka dan di baca ngakak abiss...
    keren-keren.. itu quote nya subhanallah banget, pas untuk menasihati diriku saat ini #lagigalau
    mau mampir di kiosnya mamahnya raafi kapan-kapan,, siapa tau dapet diskon :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hwehehe. ..quoteku emang dalem-dalem. Thanks ya Rizma udah mau mampir, lama juga ya nggak jumpa diblog. :)
      Ayokk mampir, ho oh, dapet diskon misal mau push up didepan toko. XP

      Hapus
    2. yaelah,, tetep narsis... yupp sama-sama :D haha iya nih..
      yah cewek kok di suruh push up, nanti orang-orang pada naksir aku gimana dong :P

      Hapus
    3. hwehehe. ..yaudah, bilang gini ke ibuku "Bu, gebetannya Raafi".
      Niscaya kamu akan diceramahi. :P

      Hapus
    4. alamak... haha... ga mau lah diceramahin ibuk ibuk,, pasti lama deh... eh nanti kalo ibukmu kepincut sama aku giaman :P

      Hapus
    5. kepincut?? iya juga ya, bisa jadi dijadiin karyawatinya.whahaha

      Hapus
    6. lumayan kan buat nambah penghasilan,, beli beli alat praktikum yang mahale naudzubillah :O

      Hapus
  2. Huahahahaha! Astaga, blog udah lama dianggurin sekalinya posting langsung fenomenal sekali judulnya :p

    Eniwei, baju dedek bayinya lucuk-lucuk :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. sorry sorry, kendala koneksi internet sih, jadi harus nyari wifi gratisan gitu. Ini bentar lagi publikasi lagi kok, tungguin !! :)

      Itu cuman mau bilang lucu-lucu atau mau beli?? hmmm

      Hapus
  3. bhahahaha ada2 aja nih si raafi.. :P
    hayoo mikirin apa hayoo? hahaha

    btw, tiap ke jogja isha mampir ke klewer buat beli batik :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. whehe. ...tambah enggak kebayang lagi ya, misal profesi bidan nanti kayak gimana.

      Ohh ya?? sering keJogja?

      Hapus
    2. gimana yaa.. hihihi bayangin aja :P

      lumayan, setahun sekali, kadang dua kali ga tentu juga :)

      Hapus
    3. Yaampunn. ..malah disuruh ngebayangin.

      Liburan atau ada keluarga disana?? Ehh. ..kamu kenal Ihsan ash shidiqi enggak?? nah itu kakakku, dia ini lagi di jogja. #Lho

      Hapus