Minggu, 02 Maret 2014

Traveller Ganteng ~ Travel Writer

     Dalam Dream note, selain pengen ngisi seminar dan ngejadiin maudy ayunda gebetan, ada salah satu impian yang lebih realistis aku tulis, yaitu jadi Travel writer. Aku rasa, jadi traveller itu pekerjaan yang cuman seneng-seneng aja, bisa jalan-jalan gratis, dapet makan minimal nasi kotak, udah gitu dibayar lagi. Tapi point terpenting yang bisa diambil disini adalah dapet pengalaman baru.  Keren, Doain ya !!

                                              Penulis jalanan pejuang cinta*     
                                                       
    Buat anak rumahan kayak aku gini, yang jarang kemana-mana, udah terbiasa sama kehangatan dalem rumah, sebenernya dalam hati terkecil aku pengen keliling dunia, terus bilang "Jalan-jalan mennn !!" Okee, itu punya jebraw. Punyaku "Raafi ganteng menn!!" Yup, udah mulai nggak jelas, tapi bodoamat. 

    But now, aku pengen nyeritain liburan semester kali ini yang nyaris tanpa kesan. Disisa-sisa liburan semester kali ini, aku bisa jadi travel writer beneran, yang diproduseri oleh orang tua. 

PS: Buat yang seriusan mau baca, mending siapin flashdisk, bakalan ada foto-foto menarik yang bisa diunggah secara gratis tis. Siap berpetualang ??
Begini ceritanya.. .

    Nyaris liburan semester kali ini cuman aku habisin buat bengong dalem rumah, nggak bisa pamer cerita sama temen-temen ntar kalau udah masuk kuliah. Tiap hari kerjaannya cuman bangun, tidur lagi, ngepel (bukan ngapel, ngepel brooo, ngepel lantai), jemur pakaian, makan sama maenan laptop, mandi nggak aku cantumin karena jarang. Tapi tetep ganteng, serius.

Nggak kebayang, misal ada temenku nanya, cewek lagi yg nanya. Nanya gini.
"Raafi, kamu liburan kemana aja?" Emma watson nanya
"Itu, emm anu, ngepel rumah."
Hening. .. 
Sejujurnya, udah syukur ada yang mau nanya.

Alhamdulillah, nasibku berubah ketika aku mantengin facebook yang kosong pemberitahuan.

       Waktu itu lagi mantengin Facebook, iya cuman mantengin, nggak ngapa-ngapain. "Ting tung.. ." (ada yang nginbox) harapanku cuman satu, bukan dari operator. Kebangetan banget misal operator masih nekat inbox difacebook juga. 
Aku liat siapa yang ngechat "Yahh. ..siAbidin, sama aja kalau gini." aku ngeluh, dalem hatiku bilang "dibaca nggak ya? misal aku baca tapi nggak aku bales sama aja ketahuan.". Okeey, yaudah,  aku baca. Jahat abiss

"Gimana bro, pantai-pantai?", ngebaca chatnya Abidin moodku agak berubah, aku excited banget bacanya, tapi tetep berusaha jaim biar keliatan sibuk. Aku jawab "Okee, aku ngikut kalian."sent . 
Semoga seorang Abidin memberi harapan untuk liburanku kali ini.

                                                                                   ***

     Several days later... keren abiss ya bahasa inggrisnya beberapa hari kemudian, several-several gitu (Bukan quote). Sehabis pulang dari krs'an, kita kumpul dulu dirumah temenku siSonda buat minta makanan sekalian ngebahas status liburan yang tinggal secumprit ini mau kita bawa pergi kemana (backsound : Mau dibawa kemana Liburan kita), yang pada akhirnya nggak kemana-kemana. Emang udah kebiasaan, pada ngasih saran tapi endingnya ngebahas yang lain dan kemudian masalah pertama nggak terselesaikan. Mahasiswa.

   Ngerasa udah pada keliatan males-malesan buat pergi kemana-kemana. Harapanku seakan sirna terterpa angin. Liburan semester kali ini beneran tanpa kesan, tanpa pengalaman dan dapet PHP dari siAbidin, ngerti gini chatnya aku anggurin. "HYUKKK YUKKK !!!" teriak model baru

Pulang dari rumah siSonda, aku berusaha meyakinkan abidin untuk tetep pada pendirian awal, karena Abidin salah satu yang juga pengen banget jalan-jalan, kita merencanakan petualangan yang romantis. Hanya aku dan Abidin.  
"keluar kota aja gimana din?" aku nanya
"Wokeeh broo, Jogja? naik kereta yes !! " Saran Abidin
"Ahh. ..Bosen, terlalu mainstream, yang lain !!" ajakku

      Next day, banyak pertimbangan kala itu, dan hasil kerja kerasku ngerayu mama papa buat ngedapetin ijin keluar rumah, kita berangkat ke Surabaya, beneran. Jadi turis Lokal menn !!


                                                          Turis with Tour Guide            

      Karena kita kesurabayanya dadakan, dan nggak sempet mesen tiket kerata, terpaksa kita naik bus kelas elit. Keren, Tapi pusing. Alhamdulillah, bus Solo-Surabaya lewatnya nggak jauh-jauh amat dari stasiun, jadi kita bisa cegat bus dipinggir jalan. Pelajaran pertama seorang traveller : Hindari calo tiket.                  

                                                        Haji somat dan Adipati dolken
                
      Nggak mungkin juga aku nyeritain apa aja yang aku lakuin didalem bus, lagi pula gara-gara ada riwayat mabuk darat yang mengharuskanku untuk berlindung dibawah sarung selama perjalanan. Males upload fotonya, reputasi.

          Kita berangkat jam 10, kira-kira jam 4 lebih baru nyampe. 

      Speechless, sampai terminal Surabaya kita nggak ngerti kudu kemana, bingung harus kemana, karena kita berangkat dengan tujuan yang kurang jelas.
Boro-boro mau kemana-mana, keluar dari terminal aja bingungnya setengah mati. 
"Din. ..ini jalan keluarnya mana ya?" bisikku pelan
"Nggak ngerti juga broo"Jawab Abidin liat kanan kiri
Still cool, nggak mau keliatan bingung, nyari amannya aja, kita kemushola dulu biar ganteng.      

                                                                                       ***             

                                                                    Termenung
                                                             
       Mendung semakin tak kuasa, meneteskan gemercik bulatan air hujan yang katanya sebagian orang suka, dibarengi dengan ojek payung yang keluar mencari mangsa para kaum loyal yang mau menyebrang. Persis sama yang dikatakan Bob marley, tentang quotenya yang "You say you love rain, but you use an umbrella to walk under it. So that's why I'm scared when you say you love me." But, no say love me.

     Backsound Hujan. Jiwa petualangku mulai inisiatif buat schedule peta perjalanan biar kita nggak bingung harus kemana dulu. Kira-kira kayak gini penampakannya.

     
Aku peta

      Digambar atas, ada percabangan yang maksud disini adalah, kita mempunyai dua pilihan. Bermalam di rumah sepupunya Abidin, atau bermalam di masjid. Sempet ada dilema waktu itu, agak nggak enakan juga misal harus numpang dirumah sepupunya Abidin, tapi sisi baiknya, firasatku bilang kalau sehabis pulang bakalan dapet pesangon tambahan.

       Ternyata, rumah sepupu Abidin ada diMadura, kira-kira butuh waktu 1 sampe 2 jam buat kesana. Lhahh. ..males amat, niatnyakan mau njelajahin surabaya. Okeey, pilihannya tinggal satu, cari masjid yang nggak digembok. 

       Kita kesampingkan masalah mau bermalam dimana, sekarang kita lebih fokus buat mikir, gimana bisa keluar dari terminal ini. Banyak banget calo-calo yang nanyain mau kemana, mau kemana, sehingga kita nggak tau mesti nanya kesiapa. Sampai suatu ketika, waktu aku lewat gumpalan lumpur, ada anak kira-kira masih SMA kelas X, negor aku gini. 
"Lewat sana mas, yg nggak becek."
Alhamdulillah aku nggak dipalakin. Keliatannya orangnya baik, jadi aku putuskan buat nanya kedia.
"Anu mas, ini jalan keluarnya dimana ya?" aku nanya bingung agak cool
"Ohh. ..ini lurus aja, habis itu ambil kanan."
"Thankyu. Sama itu, misal kita keKBS kira-kira dari sini jauh nggak ya?"
"Naik Ojek aja mas." Sarannya
"Kalau Ojek berapaan ya?"
"Bentar, aku tanyain ayahku dulu mas." Diberbalik badan
Sebelum kita terseret dalam transaksi perojekan yang kemungkinan mahal aku panggil dia 
"Tunggu somat !! Mahal nggak ya?" Teriakku karena nggak ngerti namanya
"Wahh. ..kurang tau  mas, coba aku tanyain dulu."
"Misal jalan kaki ? kira-kira berapa Kilo?"
Dia garuk garuk kepala "Wahh. ..tiwas sengkleh mas" (Sorry, aku ada keturunan baratnya, jadi agak bingung ngartiin, Baca -> Nusa tenggara Barat)

Karena hemat-hemat budget, dan pengen nikmatin malam di sepanjang jalan kota surabaya, dengan senang hati kita jalan kaki.
"Wokeee.. .Mantap brooo !!" Teriak Abidin dijalanan

                                            Agak blur* Video yang aku prtsc. Kreatip

        Kita jalan terus. ..terus dan teruss. ..seperti ketika aku mengejar cintamu. #tsahh
Setiap kali kita nanya keorang, jawabannya selalu ngbuat kita putus asa.
"Mas, KBS masih jauh? berapa kilo lagi kira-kira?"
"5km kayaknya ada. Naik line kuning aja mas !!"sarannya
Nggak ngerti akunya yang kudet sama alat transportasi umum atau gimana, aku mikir 'line itu apa?'. Kampret banget, ini nih akibat jarang naik kendaraan umum. Yang ternyata, line adalah nama lain dari angkutan. Karena cuman itu yang warnanya kuning, sebelumnya, aku ngira line adalah semacam kereta gantung.


      Kita naik line, tujuan KBS.
Ternyata jauh beneran, misal dipikir-pikir kurang kerjaan juga kalau kita jalan kaki. Sepanjang perjalanan aku ngobrol sama bapak yang nyetir line. Dititik ini aku berasa jadi turis beneran.
"KBS sama stasiun deketan mana pak?"aku nanya
"Tergantung kita mau ngedeketin yang mana dulu."
"Lhahh. .."
"Cuman beda jalur jalan mas, kalau stasiunnya jalur kanan. Lha mau kestasiun atau keKBS mas?"
Aku mikir.. .kestasiun dulu atau keKBS dulu.
"Mendingan yang mana dulu ya pak?" Aku nanya lagi
"Ya, diKBS dulu aja mas, soalnyakan line berhenti diKBS, nanti misal mau kestasiun ambil line yang dikanan."
"Kalau line keKBS berapa pak?" aku nanya, intelektualku menjadi-jadi
"4000 mas."
"Mau ngapain mas keKBS? ada acara?"
"Enggak pak. cuman mau foto-foto patung buaya."
"Ohh. ..patung suro dan boyo?"
"Iya itu pak."
"Kalau jam segini sepi mas. Cuman keliatan temboknya aja. Kalau patungnya, mas harus jalan kaki lagi, linenya nggak nyampe sana."
"iya gapapa pak."
"Kalau universitas Airlangga dimana pak?" Abidin sok-sok'an nanya
"Wahh. ..jauh mas. Linenya nggak nyampe sana. Udah beda jalur."
"Ini masnya dari mana?"
"Kita dari solo pak."
"Mas. ..misal naik line itu jangan nanya harganya berapa, ntar malah dimahalin. Kasih aja uang gede, masnya nunggu di pintu, nanti dikasih kembalian.-> harga normal. "
"ohhh. ..iya iya, makasih banyak pak.hehe"
Kita ngobrol-ngobrol, dikasih tau banyak tentang dunia perlinenan. Dikasih tau gimana kalau pengen balik, nyegat line dimana.


                                 Believe* Masih banyak orang yang mau nunjukin jalan yang bener                                                                   
                                 
Traveller antimainstream.
Disaat semua berbondong bondong kesurabaya, mampir keKBS buat ngeliatin isi fauna didalamnya, foto bareng fauna yang eksotik. Karena kita orangnya emang antimainstream. Kita lebih milih. Jreng jeng. ...

                                                           Tembok KBS* Aku rapopo

                                                                            Aku yo rapopo
       
       Jalan kaki kurang lebih 200 meter cuman ngeliatin tembok KBS, sampailah kita di patung Suro dan boyo yang sering disyuting diTV. Sayangnya, lagi nggak ada stasiun televisi yang lagi nyiarin berita secara live waktu itu. Misal : "Ditemukan 2 laki-laki tampan tersesat di area kebun binatang surabaya, antara tersesat atau lepas masih jadi pertanyaan warga sekitar." Kita langsung diwawancarain, kemudian ditawarin jadi tokoh figuran. flat ending.

       Salah satu alasan kenapa kita pengen banget kesini adalah, sebagai bukti. Karena, salah satu bukti kuat buat ngeyakinin temen-temen kalau kita udah pernah kesurabaya atau belum, iya cuman foto sama patung Suro dan boyo. Genius ya??

                                                            Kayak yang ada diTV-tv                                                   

                                                                           Kayak artis Ftv

          Asal kalian tau, kadang kenyataan hanya akan beda tipis dengan harapan. Nggak ada stasiun televisi yang nyiarin secara live, secara nggak sengaja waktu kita foto-foto dipatung suro dan boyo, ada anak SMA yang lagi ngebikin tugas film dokumenter. Dia ngebuat semacam film yang berisi tentang 'gimana sih keadaan Surabaya waktu malam hari', karena anaknya pinter dan kreatif, maka dari situ mereka mencari narasumber buat diwawancarain, yaitu Aku dan Abidin.  Ceritanya, Ada 2 orang cewek cowok lagi jalan-jalan, terdengar perbincangan diantaranya. Kemudian mereka berdua menghampiriku. 
Aku menatapnya dengan tatapan cemburu.. .

Mereka : Selamat malam mas, dari mana ini?
Kita : Dari solo mas.
Jabat tangan kenalan. Sebut aja cowok itu Ucok dan siceweknya Emma.
Ucok : Ohhh. .. dari solo mas, menurut masnya surabaya diwaktu malam hari kayak gimana?
Aku : emm. ..keren, rame.
Emma : Kira-kira waktu malem hari ramean mana ya mas sama Solo?
Aku : Wahh .. .ramean sini mungkin, jalannya agak ribet juga tadi.
Abidin : Iya rame sini, walaupun hatiku terasa sepi.
Hening.. .
Ucok: kalau kuliner-kulinernya gimana mas?
Aku : Nahh itu mas, kebetulan saya juga belum makan, jadi belum ngerti, mungkin kalian bisa bantuin.
Emma : Haha. ..iya bisa itu. ..bisakan cok? Jawabnya sembari tersenyum  #KODE
Aku balas dengan senyuman. "Yess, bakalan dapet kenalan ini" batinku
Lalu mereka berterimakasih menandakan pertanyaan telah selesai, dan meninggalkan kami berdua begitu saja, semakin menjauh. ..jauh dan jauh.. .

                                                 very impressive* itu yang lagi pada shooting

      Seenggaknya, kita berdua bisa terkenal disekolahnya, minimal dikelasnya. 
    Masih nggak kebayang, gimana rasa senengnya temen-temen mereka waktu filmnya diputer pas scene aku sama Abidin diwawancarain.

                                                                                     ***
      
"Saatnya makan din !!"
"Yoi menn, uwes luwe iki." 
"Tapi bentar broo, ke toilet dulu."
Kita nyari toilet. 
Selama diSurabaya, nggak bisa diitung berapa kali Abidin bolak balik ketoilet. 

  Aku nungguin diluar. Rupanya Surabaya semakin larut, walaupun belum menampakan kesunyiannya. Abidin keluar dari persembunyiannya, kita mulai melanjutkan jalan wisata kuliner, nyari makanan yang kira-kira makanan khas apa yang bisa kita makan, dengan kandungan gizi yang baik tentunya. 

                                 Mengandung karbohidrat tinggi, bagus buat menambah energy.

    Jadi traveller itu nggak kudu makan enak, yang penting uang masih cukup buat balik.

    Sehabis makan, kita buru-buru nyari stasiun paling dekat dari KBS, yaitu stasiun wonokromo, dari namanya kedengerannya keramat banget (kromo->kramat, hampir miripkan !!). Mitosnya, stasiun itu dijaga oleh security. Iya emang.

      Walaupun agak jauhan sama KBS, tapi seenggaknya masih bisa ditempuh dengan jalan kaki. Lumayan, bisa hemat 8000 ribu. Hal paling aku takutin disini adalah, statasiun itu nggak bisa naikin untuk penumpang jarak jauh. Dan beneran, hal yang aku takutin terjadi, stasiun itu nggak naikin penumpang untuk tujuan yang jauh, karena tergolong stasiun kecil. 
Aku panik, langsung nanya security.
"Kalo untuk tujuan jarak jauh, biasa berhentinya distasiun mana mas? yang paling deket."
"Emm. ..Stasiun Gubeng mas. Naik Line aja mas. "

Okeey, kita langsung cabut naik line kestasiun Gubeng. 
Pelajaran kedua seorang traveller : Cepat ambil keputusan, seperti ketika kau memutuskan seseorang. #tsahh

    Dari stasiun Wonokromo kestasiun Gubeng dibutuhkan perjalanan yang lumayan jauh, supir line kali ini adalah orang madura, yang aku kira orang tegal, dan dia ngira aku orang Bandung. Didalem angkot, kita berada dalam hening kesalah pahaman.

Nggak banyak yang kita omongin, karena dia lebih sibuk telfon dengan bahasa maduranya, dan aku nggak ngerti.

      Sampailah kita distasiun Gubeng dengan elegant agak kecapean, dengan keadaan stasiun yang tertutup rapat. Beberapa penumpang memilih tiduran didepan stasiun karena pagi-pagi kereta meraka udah harus berangkat. Bingung harus gimana lagi, kita inisiatif keindomaret stasiun buat booking tiket.Genius

        Tapi apa daya, sepertinya Surabaya masih mengingan pahlawan sepertiku dan Abidin untuk berlama-lama disini, diindomaret bookingan udah tutup dan akan dibuka jam 8 pagi. Karena nggak beli apa-apa, sadar diri, kita keluar dari Indomaret. 
Kita buka pintu Indomaret, dengan bunyi sedikit berdecik. Sesutau yang mengejutkan pun terjadi.#Horor 

Ada orang yang mengikuti kita...

        Penampilannya semi TNI, baju v neck warna hitam semi punk, sempat aku liat orang itu waktu didepan stasiun Gubeng tadi. Dia nanya kekita gini.
"Kalau mau pesen tiket tujuan jakarta gimana mas?"
"Lhahh.. .nggak ngerti, barusan aku nanya, untuk pemesanan udah ditutup, dibuka jam 8 pagi lagi."
"Terus gimana?" dia nanya lagi
"Iya baru bisa besok mungkin."
"Emm. ..sekarang rencana kalian ini mau kemana ini?"
Pertanyaan yang mencurigakan, tetep harus waspada
"Cari masjid aja kayaknya."
"Yaudahlah, kalau mau cari masjid aku ngikutlah kalau gitu." 
"Iya gapapa." Jawabku panik

    Diperjalanan nyari masjid, kita saling cuthat, seperti biasa, aku hanya bisa menjadi audience yang baik, ternyata dia orang pelayaran dibagian apa lupa, yang jelas ngurusin bagian mesin dikapal, namanya Bondan. 

                                                            Misal dia lagi cerita, iyain aja

      Dia cerita tentang dunia pelayarannya yang waktu masih sekolah dulu cara pengajaran semi militer, sampai cerita pengalamnnya yang berlayar sampai sorong, balikpapan, udah banyak pulau dia singgahin. Dia excited banget cerita dibidangnya, cerita pengalamannya.
"Ohh. ..jadi dibagian mesin."aku mulai sotoy
"Iya, kalian pernah liat piston segede apa?"
"Ohh. ..iya ngerti." Aku ngangguki kepala.
"Segede apa?" dia nanya balik
Kampret, dia nanya balik, padahal aku nggak ngerti. Abidin pura-pura nggak ikut dalam pembicaraan.
Karena dia nanya segede apa, pasti benda ini gede, yaudah aku jawab.
"Emm. ..anu, segede truck?"
"Piston itu yang di dalem mesin itu, kayak diiklan oli, cara kerjanya naik keatas bawah." Dia ngejelasin sampai kecara kerjanya, yang aku nggak ngerti apa yang dia lagi omongin.
"Ohh. ..saker broo." Abidin nyaut
"Nah itu, bahasa indonesianya piston."  
"Kalo piston dikapal, dirangkul 10 orang belum bisa, itu baru pistonnya." Tambahnya
Karena nggak berani ngejawab "ohh. ..biasa aja." Jadi aku jawab.
"ohh. ..iya keren, keren."
Malam itu, Bondan mulai terserat dalam pertualanganku dan Abidin. 
         
                                                                                    ***

       Kira-kira jam 11an kita masih belum juga dapet masjid. Dikota besar kayak gini mungkin sulit buat nyari masjid yang enggak digembok, atau emang karena kita belum ngerti jalannya aja.

        Bondan yang dari tadi sibuk ngotak-ngatik hp ternyata lagi cari bala bantuan dari darat, ada saudara temannya yang rumahnya masih didaerah ini. Dia nelfon, ngepastiin bisa ngasih tumpangan atau engga, dengan alibi Aku Abidin juga membutuhkannya. Iya emang.
      

                                        Nyari bala bantuan* Haloo.. .operator? btw, km nak mana?     

      Okeey, temen dari temennya siBondan nggak bisa nerima kita, nggakpapa. Dia nolak kita bukan karena alesan "Maaf, aku nggak bisa nerima kalian, aku lagi mau konsen belajar dulu." bukan juga "Maaf, kalian terlalu baik untukku" Bukan. Tapi karena rumahnya lagi dibuat acara. -> Banyak makanan. Mungkin dia belum ngerti aja, kalau tadi aku sama Abidin habis diwawancarain anak sekolah. Bentar lagi terkenal.

Karena udah kecapean juga, terpaksa kita bermalam di.
Jreng jeng. ..

                                                           Upss* Sorry salah upload                                                            

Kasian amat ya...

    Berasa laki banget bisa kayak gini, nongkrong didepan stasiun, ngobrol-ngobrol lucu sambil digigit nyamuk, yang lama-lama nggak betah juga. Mendingan nggak tidur sekalian, siAbidin ngajakin minum kopi.
"Bro, ngopi ganteng yok bro !!"
"Ayokk. Bon, ngopy ganteng bon?" Aku nawarin keBondan walaupun nggak ada niat buat nraktir.
"Wahh. ..aku nggak kuat kalo ngopi." tolak Bondan halus.
Alhamdulillah, uangku selamat.  
"Yaudah, kita tinggal bentar ya bon !!"
"Ok !!" Bondan mengangkat jempol tangannya sambil diputar.
Tapi aku nggak peduli. Terserah dia mau ngapain.

     Kita ngopi dikantin stasiun jam setengah satu malem. Kurang LAKI gimana coba?? Ternyata, dikantin stasiun jam segini masih aja rame, masih pada banyak yang nongkrong.

                                                            Mesen makanan nggak ya???

        Gengsi diliatin banyak orang cuman mesen kopi, karena mood kita juga lagi emosi nggak dapet tempat buat bermalem, sebagai ahli gizi, insting omnifora kita bangkit. Kita pesen nasi goreng telur dadar.
 
                                                   Kayak orang-orang yang diInstagram


    Ngomongin dikit soal instagram. Jujur, aku rada bingung cara nggunainnya gimana, followingku 3 dan followerku juga udah 3, karena nggak punya android aku download aplikasi BlueStack dilaptop, tapi percuma kalau nggak bisa upload foto, yaudah aku upload disini.
Skip.

      Nggak ngerti kenapa, tujuan kita minum kopi biar nggak bisa tidur tapi ini malah semakin menjadi. Sehabis bayar kita langsung istirahat dimasjid yang sebenernya nggak boleh buat tiduran, tapi mau gimana lagi.

                                                 Pada akhirnya, banyak yang ngikut juga

Nggak butuh waktu lama, kita mulai terlelap. ..dan semakin terlelap.. .menghampiri mimpi yang sudah menunggu kita.
 
Bersambung. ..


Tambahan cerita pendek kayak difilm-film.

Aku terbangun, dan kemudian ngebangunin siAbidin.     
"Hai din !!"
"Hmmmm... ."
"nice dream yes !!"
*Layar gelap*Soundtrack : Bee Gees ~ Holiday. 

  
Okeey, kayaknya segini dulu yang bisa aku ceritain, Insya'Allah bakalan aku lanjutin di Part 2nya. See you again !! :)


Thanks to :
Orang tua                   : Produser acara
Ihsan Ash Shiddiqi  : Translate dari several days later
Anak SMA I               : Penunjuk jalan keluar terminal
Anak SMA II             : Wartawan diKBS
Supir line                    : Pengantar turis tersesat
Abidin                         : Temen ngopi ganteng
Bondan                       : Musafir seperjuangan

10 komentar:

  1. astagah xDDDDDD

    ngakak bacanya x))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks.. .thanks. .. udah mau baca. #terharu
      Travellernya ganteng benerankan ya? X)

      Hapus
    2. udah iyain ajah xD

      aku iseng bacanya juga, dari kalimat pertamanya bikin penasaran. Ditambah ada dokumentasinya juga~
      Aku kadang-kadang suka bikin catatan perjalanan juga sih, tapi kayaknya nggak kocak-kocak banget hahahaha

      Hapus
    3. haha. ..sial, ngebales nih ceritanya.

      Mungkin cara nulisnya beda-beda. Emm.. .atau mungkin kamu lebih mengarah ke romance2 gitu ya? pergi jalan-jalan, nabrak orang habis itu jadian. Happy ending. :P
      Alangkah indahnya hidup jika begitu.

      Hapus
    4. Nggak juga sih, tapi kalo kamu ngerasanya gitu yaaaa.... mau gimana lagi hahahaha

      Iya, bisa jadi.
      Halah, kamu korban ftv banget sih ahahahaha

      Hapus
    5. Gimana nggak ngerasa, akukan peka. Jiahaha

      Enggak gitu juga, aku tontonannya itu ILC, mata najwa gitu.kerenkan ya !! ohh iya, sama tukang bubur naik haji.

      Hapus
    6. Iyain aja deh biar seneng hahahahhaha

      Masa sih tontonannya gitu? pasti kamu pencitraan doang deh. Tontonannya nggak jauh-jauh dari ftv sama acara joget-joget dan lawakan yang pake bedak sama hina-hina orang hahaha

      Hapus
    7. Iya serius, kadang sambil teriak 'Merdeka !!' gitu kalo lagi nonton. Tapi waktu kamera zoom ke najwa shihab teriak 'I love you'. #bahas apa sih ini??

      Hapus
    8. Udah dah kayaknya emang otak kamu tuh udah di setting banget jadi otak sinetron xD hahahaha jadi kayaknya apapun drama banget gitu~

      Hapus
    9. Maap.. .maap baru nongol. Pasti akhir2 ini kamu internetan-buka blog-liat komentar, terus dalem hati bilang "kenapa belum dibales, jangan-jangan Raafi marah ma aku.huhft"
      enggak, santai aku nggak marah, jadi probelmnya adalah quota habis.

      Hapus