Rabu, 22 Januari 2014

Curhatan Sang Penulis, Malang 2

      Untuk kesekian kalinya, dientry ini aku bakalan curhat, nuangin sedikit isi hatiku yang terpendam selama ini, karena apa ??? aku udah nggak tahan nyimpen semua ini sendirian. Dramatis. Nggak ngebahas soal cinta-cintaan, tapi tentang aktualisasi diri. Keren.
Pada ngerti nggak aktualisasi diri itu apa? Sama, aku juga bingung.


                                              Walking to the sky # Jonathan Borofsky


      Jadi intinya, aku ngerasa, aku belum bisa jadi manusia seutuhnya. #tsahhh
Keberadaanku belum bisa ngebuat orang lain bahagia, khususnya buat orang tua. Aku belum bisa ngehasilin apa-apa, belum bisa dilihat orang lain, belum dikenal banyak orang, belum bisa ngasih manfaat buat orang lain. Malah, cenderung lebih banyak minta daripada ngasih. Sedihh. ..

      Okeey, curhatnya udahan, sekarang waktunya buat cerita.

      Ternyata, dalam kehidupan yang aku jalanin ini, alurnya nggak cuman kayak didunia sinetron, yang gagal mengatakan cinta, dan kemudian ditinggal nikah sama orang yang selama ini kita harapkan. Okee cukup. Dikehidupanku ini juga hampir mirip sama cerita difilm 3D.
Kesimpulan : Aku terkenal (nggak nyambung abiss)

       Kemarin siang, kebetulan dikampus lagi nggak ada jadwal kuliah, bisa agak santaian dikit dirumah. Karena libur identik dengan happy-happy fun, dan happy-happy fun identik dengan menghibur dengan kelucuan, jadi aku gunain liburan ini buat nonton film yang kira-kira lucu-lucu, lagi pengen ngerelax'in diri. 

        Kabar-kabarnya, siMadun return filmnya bakalan keluar, berhubung akunya juga nggak ada rencana mau nonton filmnya kayak gimana, jadi aku pilih nonton film 3D, Monster University.

                                Salah satu keberhasilan pelajar adalah Masuk Universitas Idolanya 

Filmnya keren abiss.

       Monster university adalah film yang ngeflashback dari filmnya Monster inc. Nyeritain masa-masa lalunya kayak gimana. Jam 10 aku liat, kira-kira jam 11 siang lebih 43 menit filmnya selesai, habis itu aku laper. (Lagi-lagi nggak nyambung, Bodo amat)

       Konsep film itu jenius, kreatif banget, nggak terpikirin, ada juga ya yang punya ide buat film kayak gitu, dimana dalam universitas itu adalah sekolahnya para monster, ternyata monster juga butuh sekolah, dan yang paling salut, Monster punya semangat buat belajar.

      Jadi, diMU (Monster University) ini ada beberapa jurusan yang ditawarkan. 'Jurusan menakuti, jurusan yang paling jadi favorite para monster, monster-monster gaul keren ada disana, dan buat yang monster-monster cupu lebih ngedominasi 'Jurusan pembuatan pintu dan kaleng, jurusan buat monster-monster yang nggak serem-serem amat.'

       Konflik ceritanya adalah, pemeran utama 'Mike' yaitu monter kecil yang nggak ada seremnya sama sekali mempunyai impian bisa masuk dalam jurusan yang dia impikan semenjak dia masih kecil, masuk jurusan menakuti. Hari pertama masuk kuliah dia sangat excited, sampai suatu ketika rektor dari MU (Monster University) menilai Mike tidak cocok berada di jurusan itu, Mike harus pindah kejurusan pembuatan kaleng teriakan, jurusan yang cocok menurut rektor, tapi bukan untuk Mike. Pedih

Aku ngerti gimana perasaan Mike.

Okeey, biar seru, kelanjutannya kalian bisa nonton sendiri.

Dan gimana kisah Raafi University ???


Awal kenapa aku bisa terjerumus masuk Jurusan Gizi
     
      Waktu masih SMK, aku termasuk salah satu siswa yang nggak begitu nargetin mau kuliah dimana, bakalan masuk jurusan apa. Yang aku ngerti cuman 'gengsi'. ITB adalah Universitas yang keren, aku bakalan masuk disana, berangkat kekampus make skateboard.tsahh
        
      Aku yang bassicnya disekolah berbau teknology, lama kelamaan mulai jenuh sama yang namanya teknology. Dijaman SMK yang masih labil (sekarang masih lumayan) nggak ngerti mau kemana, dengan modal sok tau, jadilah waktu daftar SNMPTN aku milih jurusan yang aku juga baru tau kalau ada jurusan itu di dunia perkuliahan, jurusan Agroteknology. 

Pokoknya aku bakalan ke jurusan yang berbau dengan hal yang alami, nggak mau teknology lagi. #Padahal belakangnya ada teknologynya.

      Dari pandangan kesotoyanku, kayaknya seru nih bisa belajar outdoor, memelihara tumbuh-tumbuhan, ngerawat bunga, nyiramin taneman.
Konflik : Alami -> Jurusan IPA, aku nggak ngerti.

Dan lagi-lagi, keinginanan tidak berbanding lurus dengan kenyataan, gagal SNMPTN untuk pertama kalinya. Sedih
        
                                                                                      ***

       Liburan cuman buat nyari tempat kuliah yang pas, pengen cepet-cepet ngerasain liburan, aku mulai nyobain ngedaftar swasta disolo bareng temenku, Rizka. Kita sepakat buat ngelanjutin jurusan yang masih nyambung sama Komputer,  kita ambil IT. Yang masuk dalam katergori Jurusan IPA, dan aku nggak ngerti.
Aku sms Rizka
"Bro, kita daftar IT yuk bro !!" Sent
"okee broo, daftar.. .daftar." Bales Rizka excited

      Takut quotanya penuh, besoknya, pagi-pagi kita udah nyaampe kampus dengan bingung. Kita langsung nanya birokrasi pendaftarannya kayak gimana, akhirnya kita disuruh ngadep papan pengumuman. Nasib kita bakalan dipertaruhkan. Lagi

       Kita daftar bareng-bareng, Antri-antri bareng, saking lamanya, waktu itu aku sempet balik kerumah buat ganti sepatu, karena nggak boleh sandalan teman-teman, percayalah. Sampailah dititik ngerjain soal dan aku keluar dari ruangan. 

'Gimana? lolos?' Aku nanya Rizka.
'Yahh. ..begitulah' Jawab Rizka lemas
'Lolos?' Aku tanya lagi
Rizka geleng-geleng kepala
Alhamdulillah. ..ada temennya. Jawabku dalam hati.
 
         Beberapa kali ikutan tes, dan point kita tetep nggak nyampe-nyampe buat masuk ke IT, kita berdua nyobain banting stir jurusan yang kiranya mau nerima kita apa adanya. Jadi, sistemnya tergantung point kita waktu ngerjain tes, point kita bisa masuk jurusan apa aja.

        Klimaksnya, dimalam itu aku berada dititik dilema memilih jurusan. Sampai suatu ketika, kepalaku sedikit kebentur pojokan meja dan aku milih buat masuk kejurusan Gizi. Jurusan yang sama sekali nggak kebayang bakalan masuk disana. 

                                         Cupu* Masih belum sadar apa yang aku lakukan

                                                                                ***

            Semester awal, waktu pertama masuk, aku semangat, semangatku menggebu-gebu, aku langsung merasa jadi orang paling ganteng satu jurusan. Berita buruknya, aku termasuk dalam kaum minoritas. 

      Jalan tengah semester, ternyata beberapa temenku udah mulai capek, mulai nggak betah, mereka memutuskan untuk menghilang secara misterius. Aku yang tadinya sedikit udah agak betahan, psikologiku mulai terganggu dengan tingkah kedua temanku ini.


                                            Salahin 2 anak ini jika aku beneran jadi pindah


       Makin kesini, lama kelamaan aku berada dititik jenuhnya mahasiswa. Disini, aku belum bisa ngerasain jadi mahasiswa beneran. Nggak boleh gondronglah, baju harus seragamlah, dikampus cuman bengonglah, cuman balik kerumah-kampus, ngebosenin, atau kalau lagi ada jam kosong, aku gunain buat nerbangin pesawat-pesawatan dari lantai empat bareng temenku, Gandhi. Mahasiswa macam apa INI ???

       2 semester aku jalani masuk agak males-malesan, ada kesempatan SBMPTN, aku ikutan lagi. Aku mulai ngerti tujuanku harus dimana, jurusan apa yang harus aku ambil. Aku ambil Sastra B.Indonesia diUNY, jadi anak Jogja brooo.
 'Pasti bakalan seru nih, bisa nulis-nulis cerita seru gitu dijogja' Imajiansiku berkembang.

Diwaktu yang tepat, aku juga harus pamitan sama temenku Gandhi, gini.
'Bro sorry, kayaknya bakalan jadi pindah nih!'
'Ha? yahh.. .gapapalah' kata Gandhi tersedih sedih
'Jaga temen-temen, aku titip Susanto ya !!'
'Okee bro, semoga diberi yang terbaik'

        Hari H, hari dimana aku juga harus ujian dikampus, harus aku korbanin. Dan akhirnya... Jreng jreng. ...

                                                       Sepahit ditolak cewek
   
        Berita gembira yang nggak gembira-gembira amat, yang mungkin lebih menyesak hati adalah, kedua temenku yang pindah sekarang udah sah jadi Mahasiswa Kedokteran. Speechless Abiss. 

         Dan nasib Rizka, sekerang dia udah jadi Mahasiswa D3 T.mesin diUNS, dia beruntung, masih bisa berfikir jernih waktu memilih jurusan, jadilah siRizka ini ikutan ujian mandiri D3 UNS. 

(Analogi)

       Persamaan dari Kisahku dan Mike ini adalah, kita sama-sama berada dijurusan yang bukan kita, iya itu doang.

        Sedangkan perbedanaan dari kehidupanku yang nyata dan kehidupan mike yang khayal adalah, birokrasi perkuliahan dalam kehidupan manusia dan monster sangat berbeda, dimana dalam kehidupan manusia jika test masuk PTN gagal, kita harus ulang tahun depan, tapi dalam kehidupan monster mereka bisa pindah jurusan semester depan.

                                                           it's so kampret, you know?     

      
          Disitulah aku mulai mikir, keberadaanku belum bisa ngasih sesuatu yang berguna bagi orang lain, karena aku ngerasa saat ini berada bukan dalam duniaku. Padahal Enggak, realita yang sebenernya terjadi adalah, aku males, males buat ngerti dan males buat nyobain hal-hal baru. Bukan karena aku terlalu nyaman berada dizona amanku, tapi aku terlalu takut meninggalkan zona yang sebenernya aku ngerti kalau zona ini amanku tapi 'nggak nyaman'. Aku belum ngedapetin zona nyamanku. Ngerti nggak ??  Pokoknya Gitulah. 

                                                                                        ***

      Pada akhirnya, orang yang mempunyai banyak harapan dan selalu berbeda dengan kenyataan sedikit demi sedikit harus bisa berusaha menerima kenyataan, dan memulai membentuk harapan barunya lagi, dengan usaha dan harapan, semoga kenyataan berpihak kepadanya.

       Seperti perahu yang melintasi sungai. Kadang perahu kita harus mengikuti arus sungai, dimana arus sungai ini akan membawa kita, dan kadang, kita juga harus bisa mengarahkan perahu kita kearus mana yang kita pilih untuk perahu kita akan mengalir. Sepertinya aku butuh dayung, butuh mesin, buat ngedongkrak semangatku, agar perahuku berada dalam arus keinginanku.~Raafi'ud Darajat


                                                                   Bener banget

Cari gebetan dulu ahhh... .. Daaa.....
See you Again !!


19 komentar:

  1. Haha,joslah..
    Tp asli.ne,seng tk rsak.ke pdo kok ambi koe ud..
    mungkin adewe war seng drung isoh nrimo..
    So,tetep semangat brother!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyo bener riz, durung iso nerimo.Haha
      Okeey, Thankyu riz !!

      Hapus
  2. woaa... semangaaat Raafi! :D hoho...
    tak jauh beda lah sama aku.
    nggak hanya km aja yang menggalau, dulu aku malah keterima snmptn {pilihan kedua sih, plihan pertama belum rejeki} di pend. Bahasa Indonesia dan Sastra di uns. tapi ya gitu, udah daftar dan keterima juga di ums.
    waktu itu galaunya sudah tingkat kronis, stadium 4. wkwk...
    persis apa yang kamu tulis, anggapanku di pend. BI adalah, seru, asyik, belajar sastra, nulis dan sejenisnya. sesuai dengan minatku. tapi ya dengan dukungan penuh dari kedua ayah bunda, dan melihat jauh ke depan. mungkin di fkg akan lebih makmur naninya. #who knows
    aku betah betahin lah di sini, nah gimana caranya? alhamdulillah dapet temen-temen yang asyik, seru dan gokil, pinter pinter pula. Ikut organisasi, kegiatan kegiatan, baksos, promkes ke SD-SD, dll..
    nah tinggal kamu caranya meng-enjoy-kan diri kayak gimana. :D

    jadi intinya, bahagia itu pilihan. :D hehe...
    #ngomong sama diri sendiri juga sih#

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh. ..panjang banget yang komentar ya, kepuasan tersendiri buat yang nulis. #trims.
      Iya, Alhamdulillah dapet temen yang asik juga, mayoritas cewek lagi, salah satu yg ngebuat betah. Haha

      Iya sebenernya nulis bisa buat sampingan sih, nggak harus buat utamanya.

      Hapus
    2. eh kepanjangan ya? eh, maaf deh, lain kali pendek aja.. wkwkwkwkwk
      -_- iya kamu seneng di rebutin cewek-cewek?? :D
      di kelasku juga cowoknya hanya sekitar 15%..

      yoi, menulis bisa dijadikan hobi untuk menunjang karir. siapa tahu kan Raafi seorang ahli gizi sekaligus penulis terkenal. :D

      Hapus
    3. Penulis itu kalau dapet Apresiasi, komentar panjang seneng, kepuasan tersendiri gitu. Apalagi komennya yang bagus-bagus. Misal : 'kamu lagi apa?' #Ehh. ..nggak nyambung ding.

      Ya begitulah nyandang jadi mahasiswa ganteng satu fakultas.#kalau mau muntah muntah aja, aku udah duluan.

      Aamiin. ..sukses buatmu juga !! :)

      Hapus
    4. iya sih, aku punya temen, kalo aku nge-tag cerpen ke dia di FB pasti mbak Ilmah ini komennya paling panjang dan kritikannya membangun banget. dan aku akui memang lebih enak baca begitu daripada, "wuidiiihh keren!" "mantaappp.. lanjuuut!" "Keep in tag ya kakak!" :D apalagi komen yg kamu kasih contoh "kamu lagi apa?" ini orang mungkin sedang modusin penulisnya. :D

      oh, nggak muntah kok, udah minum antimo, kan keluarga antimo. #iklan

      Hapus
    5. Btw mbak Ilmah itu siapa yes? kenalin dong !! #MODUS
      Tapi komentar kayak begituan antimainstream loh, tau-tau ditanya kamu lagi apa.

      Hapus
    6. mbak ilmah itu mbak cantik baik hati yang aku kenal lewat dunia maya. :D kenalan sendiri sono ,, kan udah gedhe. :D

      biar beda sendiri ya, biar menarik perhatian juga bisa. yang lain ngomong apa eh tau tau ada yang ngomong begitu.

      Hapus
    7. Haha. .. iya paling dibatin gini 'ini orang norak banget' gitu. mau tampil beda emang agak sulit.

      Hapus
    8. yoi, makanya kalo misalnya lagi booming sesuatu pasti sama semua, yang beda di anggep aneh. tapi kalo emang punya PD yang tinggi, nggak masalah. :D

      Hapus
    9. Dari lubuk yang terdalam aku selalu ingin terlihat 'beda'. #tsahh keren ya? gimana? pencitraanku bagus?

      Hapus
    10. keren keren,, bisa lah dipertimbangkan :P #standing applause

      Hapus
  3. Nyaris aja lo jadi temen sekampus gue bro. Tapi nggak masalah. Nyari kampus bisa juga dianalogikan kayak nyari pacar, pasti bakal ketemu yang kurang pas dulu baru bisa ketemu yang pas. kalo soal waktu, jangan pernah dipermasalahkan. melakukan atau tidak melakukannya, kita tetep memerlukan waktu. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju. Mungkin ngikutin arus ini dulu ya, udah setengah jalan sih.

      Hapus
  4. Setidaknya kamu udah berani nyoba, kalo aku sama sekali nggak nyoba spbmptn langsung lari ke swasta soalnya mikir udah lulus dari setaun yang lalu (saat itu aku lulus 2012 sempet kerja dulu abis itu keluar nah 2013 aku baru kuliah), abisnya... nggak boleh kuliah di jogja dan kata orang tua yang deket-deket aja, yaaaaaah yaudah~ Eh, aku juga sempet kepikiran mau kuliah di UNY looooooh :))

    lagian aku juga tipikal orang yang nggak terlalu peduli mau kuliah dimana, yang penting udah kuliah aja udah syukur alhamdulillah.
    Tapi sekarang aku ngerti jalan Allah, kenapa aku kuliah di tempat yang sekarang. Seenggaknya aku nggak nyesel soalnya itu adalah pilihan terbesar yang pernah aku ambil dalam hidupku. :))

    *Halah jadi tjurhat* xDD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terlalu percaya diri sih. Malah nggak keterima, padahalkan kita harus mikir positivekan ya, yaudah aku mikir 'pasti keterima ini, nggak mungkin enggak' ehh tetep aja nggak keterima.Hidup itu ngebingungin, kadang yang kita pikirin nggak kejadian, yang kita terlalu takutkan juga nggak kejadian.
      Jadi bingung ngejelasinnya.

      Atau mungkin itu yg disebut dengan.. .. seni kehidupan. tsahh

      Hapus
    2. Sebenernya bagus sih kalo percaya diri tuh~ aku malah udah skeptis duluan makanya nggak nyoba spmbtn ahahaha abis udah males ribet ngurus ini-itu yaudah dah yang pasti-pasti aja, lagian kuliah kan nggak penting dimana tempatnya yang penting ilmu dan keseriusannya aja...


      Iya ngerti ko~
      Sebenernya nggak takut buat milih juga sih, emang dasarnya kurang dapet restu ortu aja kalo kuliah di luar kota tuh. Maklum lah cewe jadi rada protektif ortu tuh apalagi kan nggak ada sodara disana jadi ya gitudeh~

      Tapi alhamdulillah sih, nggak nyesel sama sekali sama apa yang udah dipilih sekarang walau awal-awal kecewa pasti ada :D

      Hapus
    3. Tuhkan, lomba yang zombigaret kalah. Jadi agak desperate, padahal udah percaya diri banget.

      Hapus