Rabu, 20 November 2013

Curhatan sang Penulis, Malang 1

       Isi entri kali ini mungkin bakalan sedikit lebih serius, selain lagi pengen jadi laki-laki yang serius dan gagah berani, entri ini menyangkut dengan masalah perasaan, masalah hati. Kurang lebih 3 tetesan air mata untuk menyelesaikan tulisan ini, 'kenapa dari kemarin nggak selesai-selesai ??'

                                       *Serius* Waktu serius agak kecapean, klik kanan untuk unduh

      Dibulan oktober kemarin blog ini nggak nerbitin satupun entry, tapi santai, aku bakalan ngasih alasan yang logis kenapa. Karena, dititik itu aku berada dititik down. Bukan smackdown. Aku ngerasa nggak ada hal yang menarik lagi buat dituliskan, semangat buat nulisku ada dititik paling rendah, inspirator menulisku menghilang.


      Alhamdulillah disituasi itu ada salah satu temenku 'Diita' yang ngasih semangat, kebetulan kita sama-sama suka.....nulis, jadi waktu dia ngasih project baru tentang dunia penulisan.
"Ayo fii nulis !! ada project baru nih" Ditta heboh
"Lagi bingung, jadi males nulis, belum ada ide." jawabku
"Itu namanya bukan penulis, tapi penunggu, penulis itu nggak perlu nunggu hal-hal yang menarik buat ditulis, tapi dia bisa nulis hal yang biasa jadi menarik."
Aku tergugah

      Diapun mulai ngasih pencerahan.

                                                                 Terharu

       Ternyata aku terkena writer's block, yang sebelumnya aku nggak ngerti itu apa, aku mulai cari tau. Aku search digoogle dan nggak cuman aku yang pernah ngerasain, writer's block adalah penyakit para penulis, penulis terkenal juga pernah ngalemin. Mungkin semua bersumber pada ini, inspiratorku menghilang. Buat kalian yang serius mau baca, sarannya, baca di tempat yang agak gelapan, jaga lilin. Make musik instrumental, Hard Rock juga boleh. Kemudian renungkanlah, betapa kasiannya siPenulis ini. 

Jadi begini ceritanya.. . 

       Percaya nggak percaya, seorang penulis kebanyakan mengawali tulisan mereka dengan cinta dengan seseorang, kemudian mengalami kegagalan dengan masalah cintanya, dan dari situ yang ngebuat mereka mikir untuk dituangin jadi tulisan, jadi penulis. 

     Andrea Hirata dengan Aling yang sampai sekarang kisah cintanya masih misterius, Andrei Budiman dengan gadis dari kota hujannya yang terlambat mengatakan cinta, dan Raditya dika yang nggak bisa dituliskan satu persatu. Then, kutukan itu terjadi pada salah seorang penulis yang belum terkenal, Aku.

Awal aku nulis.

         Sebenernya dari awal aku termasuk golongongan orang yang males banget nulis, apapun, apalagi baca. Sampai suatu ketika aku naksir cewek yang cintanya mengajakku keSastra, cintanya mengajakku untuk menulis. Seperti cintanya Andrea Hirata kepada Aling. Namanya Phia.

Seperti yang aku ceritain di entry yang berjudul 'Touch my heart yang gagal'.
"Kamu serius beneran sama Phia?" temenku nanya
"Iya, serius." Jawabku dengan nada 'Laki'
"Aku tau apa yang dia sukai. haha" tawanya licik
"Apa?"
"Raditya dika." suara samar-samar, jawab dia sok misterius
"siapa itu pret???" aku manggil temenku kampret
"Liatlah diGoogle wahai anak muda !"

         Aku cari digoogle, aku dapet info banyak tentang siRaditya Dika ini, ternyata dia adalah penulis, yang tinggal dijakarta, dititik ini aku lumayan agak lega. Aku stalker Raditya dika, banyak novel-novel yang udah dia buat, jadilah ide buat ngasih novel muncul. Penasaran sama isi tulisannya kayak gimana, nggak mau rugi, sebelum aku ngasih ke-dia aku baca dulu, terus aku bungkus lagi. Selain tulisannya yang asik dan enak dibaca, ternyata kisah-kisah Raditya juga mirip dengan kisahku. Apes dalam hal asmara.

        Hari demi hari aku mulai rajin nyetalker cewek yang aku taksir, ternyata siPhia ini suka banget sama yang namanya ngeblog, aku stalker blognya. Disitu konflik cerita terjadi, aku nggak ngerti apa alamat blognya. Aku mikir, jiwa stalker sejatiku bangkit dan bilang

 "Raafiii !! kenapa nggak search google aja?? tulis nama dia!!".

         Okee, aku search nama "Phia", dan hasil dari penelusuran gooogle adalah  'apakah yang anda maksud Bakpia pathok??. Sontak aku terkejut bingung. Maaf bukan, karena Phia disini hanyalah nama samaran, aku search google dengan nama aslinya, google pun mendapatkan 'Alamat Facebooknya, Twitternya dan Blognya'. Penasaran apa isi Blognya, aku mulai buka blognya dengan harapan 'semoga isi blognya nyangkut tentang aku, nyurhatin tentang aku'. Jelas enggak, isi blognya mengarah ke curhat yang sama sekali nggak nyakutin aku. pedih

        Setelah dipikir-pikir, dia buat blog, kenapa aku enggak? nggak mau kalah, aku juga bakalan buat blog, menurutku ini adalah salah satu modus yang genius, kita bakalan punya topik yang sama untuk dibicarakan, kita berdua merasa cocok, kemudian jadian. Satu hal yang jadi masalah saat itu adalah, aku nggak berani ngomong sama cewek. Keringetku bakalan keluar, semua jariku gemetar.

         Diblog ini aku tulis cerita tentang usaha-usahaku buat ngedapetin si-dia, dengan harapan dia bakalan baca, tanpa aku kasih tau, jadi aku kasih tau temenku yang kira-kira bakalan nyebarin kesemuanya. Aku kasih tau temenku, namanya Arridho.
"Do, coba baca ini." sent
15 menit kemudian dia bales
"Haha. ..aku kasih tau ya !!"
Jelas aku jawab "jangan do. ..jangan !! pliss" yang sebenernya dalam hatiku " SEBARIN AJA DO KESATU SEKOLAH SEKALIAN !! . 
Dan akibat kemunafikanku, beberapa waktu kemudian blogku jadi terkenal disekolah. terharu. #Thanks do !! Thanks.

         Tanggapan positif dari temen-temen lain juga yang ngebuat aku jadi percaya diri buat nglanjuti nulis sampai saat ini. Aku mulai ketagihan nulis, kadang, kalau lagi nggak dapet ide bisa sakau.

Sampai suatu saat... .berita yang mengejutkan terjadi, inspiratorku menghilang.

Dari kisahku ngasih novelnya Raditya dika Cinta Brontosaurus ke Phia, kali ini aku bakalan ngajakin dia nonton film ‘Cinta Brontosaurus’. Dan dari observasiku selama ini, kemungkinan besar ajakan laki-laki bakalan ditolak kalau cuman ngajak dia sendirian, jadi aku bilang ke-dia ‘santai, nggak cuman berdua kok, ajak temen-temenmu sekalian juga nggakpapa.’, dia mengiyakan dan masalah mulai timbul pada saat itu. (baca : budaya indonesia~yang ngajak yang bayarin)  

“Mampus, apa yang barusan aku lakukan ??? siapa yang bakal bayar semuanya??”

Pada akhirnya, harapan tidak berbanding lurus dengan kenyataan. First date yang aku rencanakan gagal terjadi. Hari rabu first date dibatalkan, bisa ditebak hari minggunya aku nonton bedua bareng siJohn.

            Menjelang hari krusial nonton bareng siJohn, sabtu siang aku bikin kue bareng adik-adikku, kita tersenyum bahagia mainan tepung, mecahin telur, adikku joget-joget waktu mixer buat adonan, selain didapatkan rasa kue yang nggak enak, aku dapet sms yang pahitnya melebihi rasa kue yang aku buat.

"Mending kamu nggak usah ngejar dia lagi deh." Temennya Phia sms, siShilvy.
"Emang kenapa?" 
Nggak ada jawaban.

         Minggunya aku yang udah janjian mau nonton Fastfourius 6 bareng siJohn, aku gunain kesempatan itu buat minta solusinya. Ini adalah kedua kalinya kita nonton cuman berduaan, dengan pop corn, kita duduk berjejeran, bisa dibilang aku dan John udah sah nyandang jadi anak gaul. Adegan Fast fourius diakhiri dengan munculnya Jasson statam yang kemungkinan bakalan muncul diFast fourius 7. Emang bikin penasaran.

                                                            Bukti kencan* Habis nonton diBioskop
 
        Sore semakin mendung begitu juga dengan hatiku yang semakin rentan, ditempat parkir XXI yang menurutku tempat yang pas buat aku cerita, aku ceritain semuanya ke siJohn tentang masalahku ini. Aku curhat. Nggak disangka-sangka pada situasi seperti ini siJohn memberi feedback yang menurutku kali pertamanya dia ngasih saran yang normal.

"Okee, mending habis ini kita temuin siShilvy, gimana-gimana kalau udah ketemu pasti bakalan dikasih tau." Saran dia
 Yang aku artikan 'siJohn menganggap aku adalah laki-laki yang pas untuk Phia.'

       Meskipun kita berdua nggak ngerti rumah Shilvy dimana, modal nekat, kita datengin ketempat kerjanya, yang sebenernya kita juga nggak ngerti dimana letak pasnya tempat siShilvy bekerja. Dipinggir jalan menunggu hujan, kita sah jadi anak gaul yang kebingungan. Karena petunjuk-petunjuk yang kita dapatkan tidak kuat, keberadaan Shilvy gagal kita temukan.

                                        *Pencarian siShilvy* nungguin hujan bareng siMoly dan siJohn                                                         

                                      siJohn Mengendap-ngendap (efek blur biar kayak dikamera SLR)

         Dengan membujuk sekuat tenaga, akhirnya Shilvy mau angkat bicara, aku dikasih tau tempat dia kerja, hari senin kita ketemu ditempat kerja siShilvy. Dia ngejelasin semuanya. Nggak pengen akunya sakit hati, dia ngasih tau lebih cepet, kalau ternyata Phia udah diTa'arufin orang.

"APAA???"

          Aku ngerasa seperti lagi ada didunia sinetron. Disaat Haji muhiddin gagal mendapatkan Riyamah, Restu gagal mendapatkan Nafiza, dan Raihan gagal mendapatkan Romlah, disaat yang bersamaan aku juga harus mengalami kegagalan untuk mendapatkan cintanya Phia.

        Pikiranku langsung tertuju pada "Percaya, beneran ada yang Ta'aruf, dan Nggak percaya karena mungkin dia menolakku secara halus".

"Terus aku mesti gimana ? dateng kepernikahannya terus teriak "Tidakkkk!!!" kayak disinetron gitu?"
"Udahlah ud, mending berdoa aja gimana yang terbaik" 

                                                                                          ... 

         Passage of time, semakin mendekati hari H banyak yang ngasih semangat, dukungan moral, salah satunya dari walikelasku waktu SMK. Inilah pesan beliau...

                                                               Bener banget

         Dan kalian tau apa yang dimention wali kelasku dibulan Agustus?? 2 bulan sebelumnya? ini dia.

                                                          Cita-cita beliau tercapai

         Sebagai murid, saya bangga bisa ngbantu wali kelas untuk meraih cita-citanya. 

Bitter Sweet

    Dikisah ini, hampir mirip dengan kisahnya Andrei Budiman yang terlalu lama mengungkapkan perasaan sehingga gadis yang selama ini dia harapkan terlebih dahulu dikhitbah orang. Bedanya, Andrei sudah mengatakannya perasaannya lewat sepucuk surat, dan jawaban dari gadis itu adalah sebenarnya dia sudah menunggu lama untuk kata-kata itu, tapi tepat seminggu dia mengatakannya, gadis itu terlebih dahulu dikhitbah orang.Pahit.

        Dikisah ini juga hampir mirip dengan film 'You are the apple of my eye', ketika aku dan temen-temen yang lain sibuk untuk merebutkannya, mempertahankannya, tapi pada akhirnya dia memilih untuk serius dengan orang lain, orang yang sudah pasti bisa menghidupinya, yang lebih serius untuk menjadikannya pendamping hidup dan orang yang lebih dewasa darinya.

                                                         ~You are the apple of my eye~

        Difilm 'You are the apple of my eye' sang pemeran utama kemudian memutuskan untuk menuliskan kisah kegagalan cintanya. Seandainya ending kisahku mirip dengan ending dari film itu. #tsaahh

                                                                                         ...

    Disitulah writer's block muncul, aku ngerasa, tuliskanku mulai mati, nggak ada lagi perjuangan-perjuangan yang bisa aku tuliskan. Sampai suatu ketika, mindsetku dalam menulis mulai berubah. Keren juga ya, nyisipin kata-kata mindset, intelektual gimana gitu. Okee Cukup.

       Waktu itu matahari siang cukup terik, Aku diajak temenku Susanto buat liat pameran buku digramedia. Susanto yang bassicnya kutu buku langsung ngacir ketempat buku pengetahuan, dia baca tentang khasiat buah sirsak untuk kesehatan, sedangkan aku lebih memilih untuk berada dibuku-buku novel, darisitu aku mulai ngerti kenapa siSusanto ini bisa dapet IP diatas 3, sedangkan aku ???? #Ahhh sudahlahh.

       Aku baca buku yang menurutku menarik, baca-baca novelnya raditya dika, disitu aku ngerasa terseret oleh lorong waktu, masuk dalam lubang kenangan, kenang-kenanganku kembali mucul. Berusaha move on, aku beranjak ke kategori bacaan-bacaan sastra, dan dari sekian banyak lembaran-lembaran kertas disana, aku mendapatkan sebuah tulisan yang membuatku diam sejenak. ini.

                                                 Aku tersadarkan #CaraNulisGue


Setiap kejadian pasti ada hikmahnya 

       Semakin kesini aku semakin ngerti, belajar banyak hal, aku mulai bisa nyimpulin, kalau aku nulis itu nggak cuman untuk masalah cinta tapi juga untuk hal lain, nggak semua tulisan itu harus ada unsur cintanya, tapi ketika kita menulis kita harus ada rasa cinta untuk menulis.

                                                                #CaraNulisGue

       Kita bisa nulis hal-hal kecil yang mungkin hal biasa, tapi bisa memberi motivasi para pembaca. Misal "Semut kecil sang pahlawan".

At least, you have helped me found my world

Inceran selanjutnya yang mungkin nggak bakal kesampaian



Thanks to :   Wanita berjilbab                   (Inspirator)
                        John                                          (Temen nonton bioskop)
                       Diita                                           (Penasehat)
                       Ihsan Ash shiddiqi                (Translate)
                       Irfan                                          (Sumber informasi)
                       Arridho                                     (Perantara)
                       Bu Ira                                        (Model Blog)
                       Maudy Ayunda                      (Model Blog)
                  Susanto                                  (Udah ngajakin keGramedia)
                       Temen-temen yang lain       (Untuk semuanya)

28 komentar:

  1. ngakak mas bacanya. kalo saya suka nulis karena suka ngayal, ya ada unsur-unsur sering nonton ftv dan sinetron juga sih. jadi pengen nulis cerita sesuka hati.
    keren kok tulisannya. salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emmm. ..pasti kalau unsurnya dari ftv berarti ceritanya happy ending terus dong !! hehe.
      Jadi ikutan kesan solo juga? siipp, okee salam kenal balik. :)

      Hapus
    2. iya kebanyakan happy ending,, ada sih beberapa yang sad ending, tapi pembaca suka protes kalo bikin sad ending.. :D
      yoi, ikutan kesan Solo juga, ya volunteer aja, enggak menang. haha

      Hapus
    3. Haha.. .ohh gitu.
      Iya ngecewain, padahal udah berharap banget bisa ganti hp.hoho

      Hapus
    4. belum rejekinya... :D nanti beli hape sendiri aja yang legih bagus kalau udah kerjaa.. :D
      kamu jurusan apa??

      Hapus
    5. Aamiin. Lancarr..
      Niatnya sih kalau dapet xperia Z mau dibawa kekampus, terus masukin kedalem botol air minum, duduk paling depan, taroh depan meja kuliah. Sayangnya, niat pamerku ternyata tidak dikehendaki sang kuasa.
      Aku science of nutrition (D3), keren ya bahasa inggrisnya !!

      Hapus
    6. Kenapa harus dimasukin ke dalam botol air minum? :D kenapa nggak ditanem di pot aja, siapa tahu beranak, jadi banyak, Xperianya nanti aku minta anaknya,, hahaha...

      haha... ya sih biasanya kalo bahasanya indonesianya nggak keren, di inggriskan kata2nya jadi keren. gizi ada D3 nya to di UMS kirain cuman s1...

      Hapus
    7. iyakan bisa masuk dalem air hpnya.
      Haha. ..misal bisa beneran, emang tumbuhan kalau ditanem dipot juga bisa beranak gitu ya?

      Cuman ikut2an aja sih, soalnya bionya temen2 yang lain kebanyakan ditulis inggris kayak gitu. Akukan juga pengen dikatain gaul. :X

      Hapus
    8. yaaahhh kalo hp masuk dlm air rusak dong.. ya bisa jadi, pot bunga kambojaku beranak, dibawahnya ada tumbuh kamboja kecil kecil...

      ciyeee anak gaoll... :D

      Hapus
    9. Iya emang itu keunggulan Xperia Z, keren ya, nggak kebayang misal punya hp terkece satu fakultas.ahihi

      Gaul dong, sekedar informasi, aku pernah nonton bioskop lohh !! X)

      Hapus
    10. iya kah?? jadi hape tahan air? #nggakUpdateBanget :D
      ya paling kalo punya hape terkece satu fakultas kamu bakalan punya ekor. di ekorin mahasiswa yang lain buat minjem hape kamu. :D terus mereka antri buat nyobain hape-mu -membuktikan bahwa dia tahan air- dengan mencelupkannya ke dalam bak mandi. :D

      oohhh udah pernah nonton bioskop. alhamdulillah yah. sesuatu sekali. :D untung saya juga pernah, jadi saya juga termasuk anak gaul dong :P

      Hapus
    11. Lebih sad endingnya lagi gini.
      Waktu mereka berhasil ngerebut hp dari tanganku, aku dihempaskan kelantai, ditanggilin sendirian dilorong fakultas, sama diguyur air bak mandi. Nggak kebayang, bakalan sepedih itu kalau punya hp canggih.

      Ohhh. ..pernah juga? Mulai sekarang, saya nobatkan anda jadi anak gaul Mall sejati.

      Hapus
    12. huaahahaha.... pasti ngakak... :D nanti soundtracknya... hp untukku bukan untukkmu,, hp milikku bukan milikmu,, pergilah kamu jang mengganggu.... biarkan aku mendapatkannya.......... hape untuk akuu... :D #teman satu fakultas ber-paduan suara lagu yovie nuno... :D

      hikmah yg bisa di ambil adalah, nggak usah punya hape terlalu canggih.. :D

      okee,,, saya sekarang termasuk anak gaul Mall,, #secara kampusku di belakang GM. :D

      Hapus
    13. Sorry. ..menghilang begitu lama. UMS habis UASkan, jadi lagi agak nggak konsen gitu buat nulis. #Alesan.
      Ohhh iya, Ada curhatanku part 2 loh. Mampir yes !!

      Ngomongin soal soundtrack yang kamu buat, kesannya kayak yovie n nuno gagal manggung gitu ya. Piss.hehe

      Hapus
    14. oo,, tak masalah, yang penting UASnya sukses. Emang sih harusny apenulis bisa nulis di situasi apa aja kalo profesional, tapi aku juga belum bisa, masih tergantung situasi hati dan sekitar.
      oke oke nanti mampir, ada snacknya nggak? :D

      hahaha,. yovie nuno abis kebanjiran, suaranya ikut hanyut.

      Hapus
    15. Iya itu, belum profesional kali ya.haha. Mau nulis nggak bisa konsen, belajar juga nggak konsen, akhirnya twitteran.

      Nggak ada snack, tapi boleh ambil foto kok. santai. (Klick kanan unduh)

      Hapus
    16. twitter an juga nulis tuh... jadi ntinya belajar baca dan nulis di twitter :D #baca tweet orang, dan nulis reply atau nulis tweet sendiri.
      yaah, nggak ada snack, laper lah, ambil fotonya siapa ?? fotonya si Flacky lagi tidur :D

      Hapus
    17. eh Flaky maksudnya. nggak pake C.

      Hapus
    18. Twitteran juga nggak ngapa-ngapain, cuman liat tweet orang, liat orang lagi mention2nan, sampai dibawah, terus direfresh lagi, begitu terus sampai bosen. Kasian ya?

      Ati-ati, kadang dia gigit. Tapi, sebenernya dalam hati yg terdalam Flaky itu baik. serius. Cuman itu, dunia kita berbeda.# tsahh

      Hapus
    19. aah,, kasihan sekali... etapi kan seenggaknya juga baca. kan bermanfaat. siapa tahu ada yang ngajakin kenalan, atau bahkan ada yang lagi jualan trus kamu tertarik , kan bisa di beli tuh. asal nggak iklan peninggi badan aja, suka males liat iklan yang begitu, menuh-menuhin home, rada nyindir aku juga sih sebenernya. :D #derita tinggi rata-rata kurang dikit

      apa? kadang gigit? padahal aku pernah ngasih makan. untung nggak digigit. iya dia ada di dunia maya. :D

      Hapus
    20. Kayaknya aku terlalu jujur deh, wahh. ..pencitraanku bakalan nggak cool nih.
      Okee ralat, jadi, biasanya aku kalau twitteran itu mentions'nan sama maudy ayunda. Tapi nggak dibales-bales.

      Thanks loh.
      Ohh ya, terakhir aku ngasih makan, Flaky minta giginya dikawatin, dengan alasan biar nggak gigit, padahal aku tau persis wataknya dia gimana, dia pengen ikutan gaul gitu diblog. memang licik

      Hapus
    21. hahaha..... masukin aja ke dalam kulkas, nanti juga cool sendiri. nggak di bales? mention pake CAPSLOCK aja, kan gedhe tu.. siapa tau di bales. :D

      minta giginya di kawat? sini aku behel aja si Flaky, biar gaul ..gratis gratis...

      Hapus
    22. DiCapslock? nggak ah, itu mengurangi kredibilitas seorang penulis. Tidak menggunakan EYD yang benar. (Kecuali typo, itu manusiawi, tapi kadang emang nggak ngerti nulisnya sih) haha. ..

      Iya dua aja, soalnya giginya cuman 2. Yang gambarnya biji bunga matahari yes !!

      Hapus
    23. haha..... rayu aja pake rayuan maut ala ala anak jaman sekarang. :D ini tetep ya yang dibahas typo. :D

      oke sipp, kalo dua gampanglah, dicetak dulu rahangnya, nanti baru dibikinin behel.
      biji bunga matahari ya? ada stok kok. :D

      Hapus
    24. Salah satu cara iya cuman mempertemukan aku dan maudy. jiahaha

      Ehh.. .ini misal diterusin kayaknya komentarnya bisa sampai 26 deh. #kalau kamu nambah satu lagi. Dan cuman 2 orang yang komen-komenan yang udah nggak nyambung sama cerita. #romantis abiss
      Biar jalinan sillaturahmi tetep ada, dan nggak menimbulkan gosip media, mending kamu follow ini @Raafi_nosa .Untuk Follback nanti bisa dipertimbangkan. :P

      Hapus
    25. ya nanti tak bilangin ke maudy ya.. :D

      iya kah? wah, nggak ngrasa, dan nggak ngitung juga si. bisa jadi gossip? siapa pula yang mau ngegosipin :D olrait olrait, jo lali di follback, yo harus :D

      Hapus
  2. Kereeeeenn alurnya naik turum, jadi ikut menghayati ceritanya...!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kisahku ini kayaknya berbanding terbalik sama kisahmu yaa.. .huhu

      Hapus