Selasa, 20 Desember 2011

Catatan IPS

          Pernah nggak sih kalian ngalemin gini, di satu sekoalah pasti ada wanita yang jadi primadonanya dan sebagian dari temen-temen kalian bakalan banyak yang naksir? tapi kalian malah mikir, 'Apa istimewanya orang ini?' Endingnya kalian bakalan naksir juga. Persis sama apa yang aku alamin.

Begini ceritanya... 

           Dipertengahan kelas 3, adalah dimana awal keberanian kisah cintaku dimulai,  mungkin udah saatnya pesonaku aku keluarin, sebelum kelulusan memisahkan kita. Aku bakalan ngebuat strategi-strategi, buat ngebuktiin keseriusanku, yang bakalan sulit dia lupain. 

              Entah keberanian kesatria apa yang masuk dalam diriku waktu itu (yang jelas bukan kesatria bertopeng). Langkah awal, sebagai pria Gantlemen yang masih ingusan, aku harus nyari tau dimana rumahnya habis pulang sekolah. pokoknya harus !!.  
          
           Pulang sekolah aku langsung balik kerumah, diperjalanan pulang aku terjebak didilema yang luar biasa, antara pikiranku yang berani dan yang penakut saling memberi argumen. 'Jadi pergi nggak ya??'

(dalam pikiranku)
Raafi Gentle : parah, nggak berani. huhft
Uud polos     : berisik
Raafi Gentle : masih ada kesempatan, belok kanan, samperin rumah dia !! sekarang.
Uud polos     : tapi. ..
Uud polos     : tapi dimana???
Raafi Gentle : kita minta bantuan, siJohn.

Langsung banting stir kayak van diesel. 

Dari omongan-omongan siJohn yang terdahulu, siJohn pernah bilang kalau dia pernah kerumah siPhia, otomatis siJohn wajib ikut dalam masalah ini.
   
                                                                                      ***

         Perjalanan kerumah sijohn, didekat rumah John, secara mengejutkan ternyata Phia dari arah yang berlawanan dia naik motor beat warna hitam, kita berpapasan. (Adegan slow motion, dan aku ingin mereplaynya). Kemudian dia menyapaku, dengan klakson dan senyuman. 

         Aku tak berkutik, jantungku berdebar kencang, aku hanya bisa melihat ngangak, terlalu lama aku menyapa balik, akhirnya aku menyapa orang yang salah, aku menyapa motor yang dibelakang Phia, yang artinya orang lain.

          Ntah kenapa pada saat papasan tadi klakson siMoly tau-tau mati, perasaan aki barusan aku isi, sepertinya siMoly mulai naksir sama motor siPhia, yang namanya Azalia. Dramatis.  

              Sampai dirumah siJohn, Aku sms siJohn nyuruh dia buat keluar rumah, aku sms gini. 
“Mendungnya sore ini, seperti hatiku yang lagi mendung.”
Ini adalah kata sandiku sama siJohn, siJohn bakalan tau kalau aku lagi ada didepan rumahnya. SiJohn muncul sambil mengunyah makanan, sepertinya dia lagi makan siang, aku datang diwaktu yang tepat.
“Ngapain menn?”dia nanya songong
“Bawa aku kerumah Phia sekarang juga !!”
“Hahahaha. …serius?”
“Ya iyalah.”
“Okeey, aku bakalan anter, tapi dengan syarat… .” 
“Iya apa?”
“Kamu nembak dia.” 
“Ha?? Nggak. ..nggak, belum waktunya men.”
“Lha terus ngapain mau kerumahnya?” 
“emmm. .. minjem catatan.”
“Cuman gitu?” 
“Iya gimana lagi?” aku nanya
“Okee berangkat !!”



       Temanku satu ini emang aneh, ngebingungin banget, dari sarannya yang ngawur, jawabannya yang kurang meyakinkan, tapi aku percaya sama dia kalau saran-sarannya tadi bakalan ngebuat reputasiku hancur.

                                                                                         ***

        Kita cabut menuju rumah siPhia, ternyata jaraknya nggak begitu jauh dari rumah siJohn. Berharap, selama pencarian rumah Phia, Phia masih pergi, aku nggak mau rencana ini diketahui oleh Phia, karena ini adalah sebuah misi rahasia. Kita bukan mau maling rumahnya, tapi, cuman satu alasan yang ingin aku maling darinya waktu itu, hatinya. #tsahh

          Kita mulai mencari rumah Phia, siJohn mulai mengendus-ngendus, sampai suatu ketika John menatapku dengan tajam, dalam keheningan dia bilang “Aku lupa ud.”
“Lhahh. ..masak lupa?”
“Iya, aku lumayan ragu juga rumahnya yang mana, kan udah lama.”
“Yahhh. ..terus gimana?”
“Gini aja, kita kerumah Pungkas sekarang, kita introgasi dia, kita paksa dia buat ngasih tau dimana persembunyian siPhia, dengan cara halus.”
“Okeey, sekarang dimana rumah Pungkas?”
“Disana !!” siJohn teriak sambil menunjuk.

            Nggak tau rencana apa yang bakalan siJohn lakuin, tapi ini cuman cara satu-satunya, aku harus nurutin kata dia. Pungkas ini adalah temen satu sekolahku hobinya main ping pong, dan kebetulan rumahnya deket sama Phia, cuman beda RT, tapi satu pos kampling, jadi waktu ronda jadwal  ngambil jimpitannya bergilir , cuman nggak mungkin juga mereka ronda, secara, merekakan cewek gitu.

      Kita sampai dirumah Pungkas dengan elegant, SiJohn tanpa diperintah langsung mengetok pintu, kali ini aku mempercayai sepenuhnya kepada siJohn.
“Melly  .. .” Panggilan Pungkas adalah Melly, emang nggak nyambung.
“Lhoh John, Raafi, ngapain kalian kesini?”
“Ini Mel, aku mau minjem DVD-ROM boleh nggak?”
“Ohh. ..bentar-bentar aku ambilin.”
Aku cuman diem, takut salah ngejawab, dan ngebuat rencana ini bakal menjadi gagal.
“Nih, tapi ntar balikin ya !”
“Iya-iya, ehh. ..rumahnya Phia dimana ya?”
“Gapura pertama tadi masuk aja, tembok cat warna hijau kalau nggak salah, mau ngapain?”
“Mau pinjem DVD-ROM mel, boleh nggak?”

         Pada akhirnya siJohn seperti sebuah kaset yang diputer replay setelah denger kata “Mau ngapain?”. 

                                                                                 ***

       Diperjalanan menuju rumah Phia kita berdua diem, siJohn sepertinya masih belum bisa ngelupain kejadian yang barusan terjadi.
“Rumahnya yang mana sih?” aku memecahkan lamunannya.
“Bentar. ..bentar.”
“Kayaknya sih ini.”
“Serius?”
“yakin !” tatapnya meyakinkan.
“Yaudah, buruan cabut, ntar Phia dateng duluan gimana?” tambah John.
“Okeey. ..”
 
         
         Diperjalanan balik kerumah siJohn aku ngerasa siJohn mulai ngedukung banget buat keseriusanku ini, kita buru-buru cabut, takut ntar dijalan berpapasan, terus Phia mulai mencurigai kita, dan mulai ngejauhin kita yang berdampak pada kisah cintaku dengan siPhia nggak terjadi, jelas aku akan sedih. 
 

“Thanks bangett men, kalau nggak ada kamu cintaku nggak bakal kesampaian.”

“Lhah. ..emang tadi udah nyampaiin?”

“Belum sih, ini adalah awal dari semuanya.” Aku mengucapkan dengan serius dan meninggalkan John diperempatan gang rumahnya sendirian, semakin jauh aku meninggalkan siJohn … .semakin jauh. … dan aku belok kiri, aku menghilang.


 Kemudian, mendung sore itu menjadi mendung yang paling indah.

                                                                                  ***

       Dirumah pikiranku terbang ngebayangin ntar malem nasibku bakalan kayak gimana. Aku mulai nyusun skenario apa aja yang harus aku katakan, dan siBodong katakan.  Jadi di Apel pertamaku ini aku ngajak siBodong sebagai patner penstabil nafas, penyemangat teman dan sebagai temen ngobrol dijalan.


Prolog mengolok-olok : Bodong adalah semacam anak ingusan yang cupu tapi bisa bergaul dengan anak-anak yang pamornya lebih tinggi, dia mulai dikenal waktu ujian praktek olahraga lompat harimau kepalanya nyunsep dimatras, caranya itu berhasil membuat trending topic sekolah.  


         Aku sms Bodong “Malem-malem ntar malem kerumah Phia Yuk!”

“Serius??”

“Yapp, serius :)”

“Okeey, jam?”

“Jam 9, habis aku les.”

“Sip.”


        Bingung mesti gimana lagi ngebales sms Bodong, sejujurnya aku udah mulai putus asa ngejawab semua sms dari Bodong, jadi aku putuskan buat nggak ngebales smsnya.Kejam. 
  
Dan sampailah dimalam yang cukup sakral.. . 

          Sehabis les, aku langsung nyamperin rumah Bodong.
"Cepetan dong !!"
"Ayokk !! berangkat!!" teriak Bodong
Kita berangkat 

        Tiap berhenti di lampu merah aku gunain kesempatan buat menstabilkan nafas, rasanya pengen banget lampu merah ditambah 5 menit lagi. Diperjalanan aku juga nggak berhenti nanyain keBodong soal penampilanku.

“Dong. ..aku keren nggak?”

“Keren abiss!!” jawabnya mantap.

“Baju sama celanaku kira-kira udah cocok belum?”

“Cucok banget.”

Tapi aku ragu dengan semua penilaian Bodong, karena aku tau kalau selera fashion Bodong yang terlalu cetek.



                                                                                   ***



            Memasuki gapura gang rumah Phia auraku mulai drop, aku standartin siMoly, aku ragu, "bener ini nggak ya?". Dan kebetulan ada dua anak yang masih main didepan rumah. Aku coba tanyain.
“Dek. .ini betul rumahnya Phia? Iya, yang cantik itu?”
Agak ketakutan, dia cuman nganggukin kepala.

           Takut kemaleman, aku beraniin diri buat ngetok regolnya, dan dari situlah awal dari Bodong menghilang. “Lhah.. .siKampret kemana” aku panik. Ternyata dia neduh dibawah pohon.

"tok. .tok. Assalamu'alaikum", pintu kebuka.
Kakaknya yang keluar.
"Phia ada mas?" Aku nanya
"Oh, tunggu bentar ya !!" 
excited banget, aku senyum nganggukin kepala.
Kemudian, aku melihat seseorang wanita dibalik pintu, gak begitu jelas wajahnya,  wanita itu mengeluarkan suara yang tak asing bagiku.
"ada apa ud?"
Jlebbb !! makin deg-degan, aku jawab.
"emm. .mau pinjem catatan kimia ajalah." (ajalah??)
"oo. .bentar aku ambilin."
Phia masuk ngambilkan catatan kimia, aku noleh kearah bodong yang sedang bermain hp Monokromnya. Dengan ekspresi bahagiaku yang menandakan rencana berhasil dengan lancar.
Pintu dibuka, keluarlah sosok wanita idaman yang berjilbab dan menghampiriku.
"ud, catatannya dibawa Uka tadi kayaknya."
Tambah bingung mau ngapain, yaudah, iseng-iseng minjem catatan ips, yang padahal ips nggak ada pelajarannya.
"Yaudah, pinjem catatan ips ajalah Phi !!"
"IPS? bentar aku cariin." Agak bingung, dia masuk lagi buat ngambil buku
Dia keluar lagi sambil tertawa lucu.
"Haha. .ud, kan ips nggak ada pelajarannya"
"IYA TAU, AKU KESINI CUMAN MAU KETEMU KAMU, YOU KNOW !!" aku membatin. 

Mampus, kudu jawab apa lagi nih, yaudah jujur aja.
"anu, sebenernya aku kesini gak niat pinjam catatan, apalagi uang, aku cuman mau main"
"owalahh . .udah malem gini gerimis juga." 

Mati kutu, Alhamdulillah hpku bunyi, ternyata guru lesku yg menelfon.
"Haloo. .jat"
"Iya pak ?"
"Jat, kamu dimana?" Guru lesku biasa memanggilku derajat
"Ohh iya maaf pak, ini saya baru dirumah temen pinjam buku catatan."
"Yaudah,  tadi bapakmu telfon aku."
"Iya pak, ini bentar lagi pulang !"
"Jangan kemaleman ya, hati-hati !!"
"Okeey sipp pak." 

Telfon dimatiin, nggak mau bo'ong, jadinya aku putuskan untuk meminjem catatan matematika aja + foto 3x4 diselipin kalau bisa.
"yaudah, aku pinjem catatan matematikanya aja" biar ntar pas pulang ada buktinya.
"hmm.. .iya, aku ambilin bentar"
Phia kembali bawa buku matematika, Alhamdulillah bukunya nggak dilempar tepat dimukaku, karena nyuruh dia bolak balik. 

"Ini ud !" Phia ngasihin buku
"makasih yaa.." aku masukin bukunya kedalam tas dengan gemetar yang luar biasa
Phia membuka percakapan.
"Tadi siapa yang telfon ud?"
"Emm. .guru lesku, tadi guru lesku ditelfon bapakku, kenapa aku belum pulang."
"Ohh. . kamu les? les apa?"
"Les b.inggris" jawabku dengan sok bisa b.inggris (everything for you, love you ~> kata-kata inggris yang nggak sempet aku ucapin)
"yaudah, cepetan pulang sana, udah malem nih"
sebelum pulang aku sempet ngasih pesan kepadanya .
"makasih ya, cepetan bobok ya! udah malem" Labil abisss
(yaammpunn, dia tersenyummm) 

"Ehh. ..kamu sama siapa ud?"
"Itu, Bodong ada diluar."
Penasaran, Phia langsung keluar dan liat bagaimana keadaan siBodong.
Sedikit kaget dengan penampilan bodong yang sembunyi dibawah pohon dia pun teriak "wooo lhaa Bodongi"
Sontak Bodong juga terkaget, dan sedikit malu dengan menampakkan senyuman dan alis dilengkungkan.

                                         Pelajaran apa aja pasti gampang masuk kalau dia yang nyatetin


         Aku sama bodong siap-siap pulang, tapi secangkir teh pun belum juga kunjung datang, rasa rindu yang lumayan terobati mengganjal rasa lapar perutku. Phia yang mungkin sudah mulai ngantuk dan mau masuk kerumah masih harus menunggu aku dan bodong yang tak kunjung pergi. Berharap mendapat senyum manisnya, aku harus menyusun kata-kata agar mimpinya indah malam itu.
Kata-kataku yang tak romantis pun keluar untuk sekedar basa-basi, aku bilang kedia.
"Emmm. ..jadi matematikannya aku kembaliin kapan?" Pertanyaan retoris, cuman buat memperpanjang pertemuan.
"teserah kamu ud, sebisamu aja." Jawaban yang to the point, buat cepet-cepet mengakhiri sebuah pertemuan. pedih
"oke, makasih" 
Masih nggak putus asa, ku harus nyusun kata-kata lagi agar pertemuan kita semakin lama, aku tanya lagi."
 "Ohh iya, udah ngumpulin foto 3x4 ke bu Ira?"
"Udah ud, emang kenapa?"
"Masih ada berapa?"
dia cuman senyum lucu
aku dan bodong pamit pulang.

                                                                           ***

         Rasanya malam itu kayak udah nggak jomblo lagi, seenggaknya kayak udah dikasih lampu orange dan bentar lagi hijau.
Tapi, sesampai dirumah, aku juga harus mikir ntar resiko apa yang harus aku jalanin, "gimana dengan hari esok?" Siap-siap aja dehhh.

          Besoknya, disekolah aku seberusaha mungkin bersikap seolah tadi malem nggak terjadi apa-apa. Tapi, sikap coolku berubah menjadi salting, wajahku mulai memerah, saat aku duduk sendiri ngebaca ulang pelajaran b.inggris yang padahal nggak baca apa-apa, aku dikejutkan dengan tawa-tawa wanita dibagian belakang dengan nada neneknya nenek sihir.
"HAHA. . catatan IPS? WHAHA. ."
        But, kejadian itu nggak mematahkan semangatku, aku akan mulai serius menanggapi masalah ini sebelum unjian, yang mungkin kelulusan akan memisahkan kita sementara waktu.

Sebagian dari pejuang cinta, akan membuktikan, memperjuangkan cintanya, di akhir, sebelum itu berakhir. ~Raafi'ud Darajat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar